Bank BTN Tawarkan Program KPR ke Generasi Milenial Bandung

Jum'at, 15 Februari 2019 - 15:41 WIB
Bank BTN Tawarkan Program KPR ke Generasi Milenial Bandung
Bank BTN Tawarkan Program KPR ke Generasi Milenial Bandung
A A A
BANDUNG - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menggenjot program kredit pemilikan rumah (KPR), dengan membidik generasi milenial Bandung. Program tersebut memberi kemudahan kalangan muda mendapatkan rumah.

Senior Vice Presidence Nonsubsidize Lending Division PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Suryanti Agustinar mengatakan, BTN membuat program khusus KPR Gaeesss untuk membidik generasi milenial usia 21-35 tahun mendapatkan rumah sejak dini.

Fasilitas tersebut bisa dinikmati dengan uang muka 1%, cicilan panjang hingga 30 tahun, dan suku bunga rendah. Sementara ini, generasi milenial lebih banyak menghabiskan uang untuk jalan-jalan, kuliner, dan gawai. Hal itu membuat mereka menunda membeli rumah meski sudah mapan.

"Bandung salah satu kota dipilih setelah launch di Jakarta, lalu roadshow ke Surabaya dan Makassar. Meskipun kotanya kecil, kami melihat potensi dari milenial setidaknya Rp 600 miliar tahun 2019," ujar Yanti, sapaan akrabnya, saat acara brand awarness di kafe Little Collins, Bandung.

Pihaknya, kata dia, terus memberikan pencerahan dan edukasi melalui talkshow dan aktivasi lainnya. Kali ini, 25 pengembang di Bandung yang bekerja sama dengan BTN ikut dilibatkan. Edukasi itu diharapkan dapat memberi penyadaran kepada milenial untuk segera berinvestasi rumah tinggal.

Dia menjelaskan, sejak program KPR Gaeesss diluncurkan Oktober 2018, hingga Desember 2018, BTN meraih target kredit baru dari KPR Gaeesss sebesar Rp1,5 triliun atau sekitar Rp 500 miliar per bulan. Pada 2019, pihaknya menargetkan Rp7 sampai dengan 8 triliun untuk KPR Gaeesss dari total target KPR sebesar Rp19 triliun.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan menyisihkan uang muka mulai dari 1% khusus rumah pertama, generasi milenial di Bandung bisa memilih rumah tipe apa pun yang diinginkan. Mereka juga diringankan dengan angsuran receh karena bisa diangsur hingga 30 tahun untuk rumah tapak dan 20 tahun untuk apartemen.

Karyawan yang baru bekerja satu tahun pun sudah bisa mengajukan KPR Gaeesss. Suku bunga yang ditetapkan untuk produk milenial ini pun sangat rendah hanya 8,8%, flat 2 tahun, dan tanpa pengendapan dana. “BTN juga memberikan diskon 50% biaya provisi dan administrasi. Biaya-biaya proses KPR tersebut akan dimasukkan dalam plafon kredit,” imbuh dia.

Selain KPR Gaeesss, BTN pun melengkapi (bundling) dengan KPR Zero sehingga mereka tidak perlu membayar utang pokok hingga dua tahun. Yanti menyebutkan, untuk bisa mendapatkan KPR Gaeesss, para generasi Y atau milenial hanya disyaratkan masih berusia di antara 21 hingga 35 tahun. Mereka memiliki pendapatan/gaji tetap dan minimal sudah bekerja 1 tahun di perusahaan yang sama. Proses pendaftaran dilakukan secara online.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8339 seconds (0.1#10.140)