alexametrics

Jurus Sri Mulyani Memperbanyak Perusahaan Unicorn di Indonesia

loading...
Jurus Sri Mulyani Memperbanyak Perusahaan Unicorn di Indonesia
Menkeu Sri Mulyani mempunyai beberapa strategi dalam upaya pengembangan perusahaan-perusahaan rintisan privat atau startup yang mengantongi nilai valuasi lebih dari USD1 miliar. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mempunyai beberapa strategi dalam upaya pengembangan perusahaan-perusahaan rintisan privat atau startup yang telah mengantongi nilai valuasi lebih dari USD1 miliar atau perusahaan unicorn milik Indonesia. Salah satu strateginya adalah membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta pembangunan dan pemerataan infrastruktur konektivitas.

Sri Mulyani mengatakan akan memperluas jaringan internet ke setiap pelosok di Indonesia, yakni dengan proyek infrastruktur telekomunikasi bernama Palapa Ring. Pemerintah ditegaskan bakal memperkuat infrastruktur demi mendukung perkembangan unicorn dan ribuan startup lain yang ada di Indonesia.

"Adanya pemerataan jaringan internet itu agar Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia di seluruh daerah dapat berkembang bersama tanpa harus ke Pulau Jawa. Jadi ini nanti kita perluas internetnya agar merata," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Senin (18/2/2019).



Sambung dia menerangkan, infrastruktur telekomunikasi di Indonesia bagian barat dan tengah sudah terbangun. Hal itu diperlihatkanya saat mengunjung Indonesia bagian timur dalam memperluas akaes ekonomi di Indonesia melalui telekomunikasi. "Sudah disampaikan Pak Menkominfo, seluruh kabupaten di Indonesia tengah dan timur bisa segera memperoleh konektivitas jaringan yang baik secara keseluruhan," jelasnya

Sebagai informasi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Kunjungan kerja itu ditujukan untuk melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Paket Tengah.

Proyek palapa yang bernilai Rp1,38 Triliun itu beroperasi, maka memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai dengan 30 Mbps.Pembangunan Palapa Ring dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau public private partnership (PPP).

Dalam mengembangkan dan mematangkan strategi untuk memperkuat unicorn Indonesia. Menkeu juga mengungkapkan pemerintah sudah membuat skala prioritas untuk mendahulukan investasi pada bidang SDM. Tidak hanya dari sisi jumlah tetapi juga cara alokasi dana.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak