Dunia Bertambah Tua, Tapi Tidak dengan India dan Indonesia dengan Angkatan Kerja Muda

Senin, 27 Mei 2024 - 15:18 WIB
loading...
A A A
Sambung dia menambahkan bahwa migrasi, partisipasi angkatan kerja yang lebih besar dan otomatisasi juga merupakan faktor yang berperan. Dividen demografis merupakan bagian dari optimisme yang telah memicu kenaikan di dua pasar saham, di samping banyak faktor istimewa lainnya termasuk harapan untuk hasil pemilihan yang mendukung pasar.

Indeks Nifty 50, yang diperdagangkan pada level rekor, diatur untuk mencetak kenaikan sembilan tahun berturut-turut jika tren mampu bertahan. Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menyentuh level tertinggi sepanjang masa di bulan Maret.

Reformasi Struktural

Analis mencatat bahwa reformasi struktural untuk mengurangi birokrasi peraturan, meningkatkan fleksibilitas pasar kerja dan memfasilitasi investasi asing sangat penting bagi ekonomi untuk memanfaatkan bonus demografis.

"Pada akhirnya, persamaan pertumbuhan adalah produktivitas waktu kerja," kata Samson dari Fidelity.

"Reformasi struktural yang solid yang telah kita lihat di India dan Indonesia akan memungkinkan penciptaan lapangan kerja yang cukup untuk mendapatkan keuntungan dari dividen demografis," lanjutnya

Meskipun ada beberapa kemajuan, masih banyak yang harus dilakukan. Investor mengamati apakah pemerintah negara bagian di India akan menindaklanjuti dengan menerapkan tenaga kerja, tanah dan perubahan kebijakan lainnya yang telah disahkan di tingkat nasional.

Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, yang mulai menjabat pada bulan Oktober, ingin mencapai pertumbuhan PDB ekonomi tahunan 8% meskipun rekam jejak RI jauh di bawah itu.

Bagi investor, utang negara, rasio ketergantungan usia dan beban fiskal adalah salah satu metrik yang perlu dipertimbangkan untuk investasi jangka panjang.

Dana global telah menggelontorkan USD5,5 miliar ke obligasi India tahun ini pada prospek inklusi indeks, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Investor merasa nyaman bahwa anggaran sementara India yang diumumkan pada bulan Februari tetap fokus pada belanja infrastruktur, bukan kebijakan populis menjelang pemilihan umum yang dimulai pada bulan April.

Sebagai perbandingan, investor internasional telah menarik USD1,8 miliar karena janji pemerintahan yang akan datang untuk meningkatkan pengeluaran menimbulkan kekhawatiran tentang kesehatan fiskal.

"Populasi yang menua meningkatkan biaya perawatan kesehatan dan pensiun, membuat ekonomi negara maju punya banyak masalah sosial yang lebih komprehensif dibandingkan dengan sebagian besar ekonomi Emerging Markets (EM)," kata Sanjay Shah, direktur pendapatan tetap di HSBC Global Asset Management.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)