Pemerintah Dorong Industri Asuransi Digitalisasi Proses Bisnis

Sabtu, 30 Maret 2019 - 18:14 WIB
Pemerintah Dorong Industri Asuransi Digitalisasi Proses Bisnis
Pemerintah Dorong Industri Asuransi Digitalisasi Proses Bisnis
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menekankan bahwa industri asuransi dapat jalan beriringan dengan perkembangan revolusi digital yang terjadi saat ini. Ini penting agar mampu bertahan dari perubahan zaman dan tantangan yang makin beragam.

"Perubahan ini akan menciptakan disruption, namun di sisi lain akan ada kesempatan baru, baik yang berkaitan dengan bisnis sebelumnya, serta juga akan melahirkan ekosistem-ekosistem yang lebih luas dan complicated," kata Darmin dalam acara "Indonesia Insurance Innovation Awards 2019" yang digelar ThinknovateComm dan Gatra di Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Untuk industri asuransi, jelas Darmin, pemanfaatan teknologi yang relevan dalam proses operasional dapat dijalankan dengan aplikasi mobile, misalnya untuk memberikan notifikasi terkait pertanggungan asuransi dan tagihan untuk pembayaran premi.

Selain itu, penggunaan teknologi lainnya adalah untuk kecerdasan buatan (AI), misalnya dalam bentuk algoritma dan robot, yang bisa digunakan untuk proses pemasaran, serta berkomunikasi dengan pelanggan.

Thinknovate Comm dan Gatra menggelar acara Indonesia Insurance Innovation Award 2019 sebagai penghargaan kepada perusahaan asuransi yang memiliki kinerja terbaik dan yang memiliki inovasi baru baik dalam produk maupun layanan kepada customernya. Acara ini digelar di Jakarta.

Hadir dalam gelaran tersebut antara lain yaitu, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, dan juga Direktur Pengawasan Asuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat Muhammad Iksan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5519 seconds (0.1#10.140)