Ditjen Hubud dan Prancis Kembali Kerja Sama Teknis Keselamatan Penerbangan

Jum'at, 05 April 2019 - 01:13 WIB
Ditjen Hubud dan Prancis Kembali Kerja Sama Teknis Keselamatan Penerbangan
Ditjen Hubud dan Prancis Kembali Kerja Sama Teknis Keselamatan Penerbangan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali melanjutkan kerja sama teknis di bidang transportasi udara dengan Pemerintah Prancis yang diwakili oleh The Direction Générale de l’Aviation Civile of the French Republic (French DGAC), pada hari ini (4/4) di Jakarta.

Pertemuan bertajuk on 4th Steering Committee Meeting Indonesia- France Technical Cooperation yang berlangsung di Shangri-La Hotel ini merupakan pertemuan lanjutan rapat serupa terkait kerja sama di bidang keselamatan penerbangan dengan Prancis. Dari Pemerintah Prancis hadir Director of Asia Pacific Cooperation (DGAC French) Thibaut Lallemand, Technical Cooperation Operation Manager EASA, Raquel Sanz Pascasio, CEO of International Aviation Safety, Patrick Goudou.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti mengungkapkan, dibutuhkan komitmen dan konsistensi dalam menjaga dan meningkatkan sistem pengawasan dalam penerbangan di Indonsia.

Pasalnya, program kerja sama ini menitikberatkan pada kualitas pengawasan yang meliputi, coaching program berdasarkan self assessment meliputi Quality Management System, Safety Oversight, Performance Based Navigation serta State Safety Programe (SSP).

“Inilah gambaran program keselamatan penerbangan internasional yang akan dijalankan antara pemerintah Indonesia- Perancis termasuk dengan Airbus. Saya pribadi sangat percaya bahwa kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi penerbangan Indonesia, terutama peningkatan sistem keselamatan penerbangan,” ujar Polana di Jakarta, Kamis (4/4).

Tak lupa, Polana mengingatkan pentingnya menjalin komunikasi aktif dan kerja sama yang erat serta kemitraan dengan semua stakeholder industri penerbangan dan komunitas dunia penerbangan. Direktur Kelaikudaraan Pengoperasian Pesawat Udara, Capt Avirianto menjelaskan tujuan dilakukan kerja sama teknis antara Indonesia-Prancis adalah penerapan sistem pengawasan keselamatan penerbangan.

“Joint steering committee meeting ini membahas terkait langkah langkah penerapan keselamatan penerbangan dan kerja sama Indonesia Prancis dalam bidang penerbangan yang akan menguntungkan bagi masing-masing pihak,” tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8178 seconds (0.1#10.140)