alexametrics

6.000 Warga Serentak Buka Tabungan Emas

loading...
6.000 Warga Serentak Buka Tabungan Emas
Warga menabung sampah di Bank Sampah di Marengan Daya, Sumenep Madura, Jawa Timur, Sabtu (6/4/2019). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A+ A-
SUMENEP - Sebanyak 6.000 orang yang tersebar di 12 lokasi di berbagai wilayah Indonesia serentak membuka tabungan emas saat mengikuti kegiatan bersih bersih dengan tema Gold for Work. Selain di Sumenep Madura, ke-12 lokasi itu diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta 1 Kemayoran, Jakarta 2 Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Manado, Makassar, dan Denpasar.

Pembukaan tabungan emas terbanyak ini akhirnya diganjar oleh Museum Rekor Indonesia (Muri) yang dihitung berdasarkan pembukaan tabungan emas dari hasil Gold for Work di 12 kota. Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Kuswiyoto, menuturkan Gold for Work adalah bentuk kepedulian Pegadaian terhadap lingkungan serta ekonomi masyarakat Indonesia.

"Ini merupakan program pemerintah yang dikolaborasikan dengan program sosial Pegadaian, memilah sampah sebagai tabungan emas", katanya usai kegiatan di Marengan Daya, Sumenep Madura, Jawa Timur, Sabtu (6/4/2019).



Setiap peserta yang ikut, kata dia, diberikan upah berupa tabungan emas setelah menabungkan sampah di Bank Sampah yang sudah disediakan. Hasil akumulasi dari tabungan sampah itu, masyarakat dapat menambah saldo tabungan emas di outlet-outlet Pegadaian. Nasabah yang sudah terdaftar juga bisa memanfaatkan aplikasi digital pegadaian atau ATM dalam bertransaksi.

"Dengan cara ini lingkungan kita akan menjadi lebih bersih. Dan tidak hanya itu, ekonomi kita akan meningkat karena memiliki tabungan emas yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan", tegas Kuswiyoto.

Manajer Museum Rekor Indonesia (Muri), Paulus Pangka, memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Pegadaian. Menurutnya, menabung sampah bisa jadi emas ini adalah satu-satunya di Indonesia bahkan di dunia. "Ini pertama kalinya di Indonesia bahkan di dunia bahwa dengan menabung sampah bisa mendapatkan emas", tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pegadaian menyerahkan bantuan kepada warga Sumenep berupa bangunan Bank Sampah, mesin press, mesin pencacah plastik, sepeda motor bak sampah dan berbagai peralatan penunjang lainnya senilai Rp336,8 juta.

Gold for Work dengan melibatkan Ikatan Istri Pejabat Badan Usaha Milik Negara (IIP BUMN) dan Ikatan Istri Karyawan Pegadaian (IIKP) yang fokus terhadap bersih-bersih lingkungan bernama Program Indonesia Bersih ini, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Pegadaian dan HUT ke-21 Kementerian BUMN.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak