3 Negara Anggota BRICS Pendukung Palestina, Salah Satunya Seret Israel ke ICJ

Selasa, 11 Juni 2024 - 17:06 WIB
loading...
3 Negara Anggota BRICS Pendukung Palestina, Salah Satunya Seret Israel ke ICJ
Negara Anggota BRICS Pendukung Kuat Palestina. FOTO/Watcher Guru
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara anggota BRICS menjadi pendukung Palestina dalam konfliknya dengan Israel. Salah satunya adalah Afrika Selatan.

BRICS merupakan kelompok ekonomi dunia yang berisikan sejumlah negara. Sesuai masing-masing huruf dari kata ‘BRICS’, anggota awalnya dulu adalah Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (South Africa).



Beberapa waktu lalu, muncul sejumlah negara lain yang bergabung dengan BRICS. Di antaranya seperti Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab, Mesir hingga Ethiopia. Seiring waktu, BRICS terus berkembang dan mulai dianggap sebagai tandingan ekonomi negara-negara Barat. Statusnya ini juga membuat para anggotanya mendapat perhatian lebih terkait sikapnya atas konflik yang terjadi di dunia, misalnya seperti Israel-Palestina.



Meski tidak semuanya, ada beberapa anggota BRICS yang menjadi pendukung kuat Palestina. Bukan sekadar dukungan secara retoris saja, mereka juga melakukan tindakan nyata. Siapa saja?

Negara Anggota BRICS Pendukung Palestina

1. Afrika Selatan

Afrika Selatan merupakan salah satu pendiri dan anggota awal BRICS. Ketika mendapati para anggota lain memberi dukungan secara retoris saja terhadap Palestina, mereka sudah bertindak lebih jauh. Pada Januari lalu, Afrika Selatan bahkan sudah menyeret Israel ke Mahkamah Internasional (ICJ) atas tuduhan melakukan genosida di Jalur Gaza. Lambat laun, aksi tersebut juga mendapat dukungan dari negara-negara lain di dunia.

Mengutip ArabNews, dukungan Afrika Selatan kepada Palestina bukanlah hal baru. Salah satu alasan terbesarnya karena merasa prihatin dengan nasib para warga Palestina yang selalu mendapat perlakuan buruk di tanahnya sendiri.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)