alexametrics

Penggunaan Biodiesel Berpotensi Hemat Devisa Rp150 Triliun

loading...
Penggunaan Biodiesel Berpotensi Hemat Devisa Rp150 Triliun
Mentan Amran menyebutkan, dengan penggunaan biodesel ini membuat pemerintah hemat devisa mencapai Rp150 triliun setelah melakukan uji coba di kalangan Kementan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menerangkan telah melakukan uji coba biodiesel berbahan dasar 100% kelapa sawit atau B100 pada 50 traktor dan mobil di Kementerian Pertanian (Kementan). Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggenjot penggunaan kelapa sawit serta mengurangi impor solar.

Dia menyebutkan, dengan penggunaan biodesel ini membuat pemerintah hemat devisa mencapai Rp150 triliun. "Bahkan nanti bisa penuhi kebutuhan dalam negeri 20 juta ton. Artinya menghemat devisa negara Rp150 triliun," ujar Mentan Amran di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Sambung dia menerangkan, uji coba pada 50 traktor dan kendaraan tersebut dilakukan setelah hal serupa dilakukan selama dua tahun waktu oleh Balitbang Kementan. Hasilnya, tak ada catatan masalah selama menggunakan B100 dengan jarak tempuh 6.000 kilometer (km). "Pertanian uji coba dua tahun dan sekarang berhasil. Ada 10 mobil itu dengan jarak 6.000 km dan hari ini coba 50 mobil," jelasnya.



Dia menegaskan uji coba B100 ini juga sebagai langkah melawan kampanye hitam kelapa sawit yang dilakukan oleh Uni Eropa. Dengan begitu, produksi sawit masih akan tetap terjamin.

"Terakhir ada Eropa melakukan protes sawit ini bisa menekan dan melawan dengan cara memanfaatkan CPO dalam negeri dan solusi masa depan sawit, dan buat para petani sawit juga sejahtera," terang dia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak