alexametrics

Jokowi Pasang Target 5 Juta Wisman untuk Pariwisata Halal

loading...
Jokowi Pasang Target 5 Juta Wisman untuk Pariwisata Halal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia dalam rangka pariwisata halal sebesar 5 juta orang. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia dalam rangka pariwisata halal sebesar 5 juta orang. Angka tersebut seperempat dari target wisman pada tahun 2019 yang ditargetkan sebesar 20 juta orang.

"Tahun 2019 target kunjungan wisatawan halal ke Indonesia adalah 5 juta orang ini seperempat dari total target wisatawan yang kita harapkan datang ke Indonesia," ujar Jokowi di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Menurut dia Industri pariwisata halal menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi, sehingga menjadi potensi yang harus dimanfaatkan oleh Indonesia. "Artinya ada sebuah segmen pasar yang digarap, apalagi kita adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Ini yang perlu kita genjot dan kita tingkatkan," katanya.



Sebagai informasi permintaan produk halal di tahun 2019 mencapai USD3,7 triliun atau naik 9,5% dari tahun 2013 yang sebesar USD2 triliun. Bahkan, di tahun 2018 terdapat 140 juta wisatawan muslim yang mengeluarkan (spending) rata-rata USD 35 per orang. Angka ini diramalkan akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Indonesia sendiri menjadi destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019. Prestasi istimewa ditahbiskan oleh Global Muslim Travel Index (GMTI). Dengan skor 78, Indonesia berhasil mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak