3 Kelebihan BRICS yang Tidak Dimiliki G7, Apa Saja?

Senin, 24 Juni 2024 - 13:09 WIB
loading...
3 Kelebihan BRICS yang Tidak Dimiliki G7, Apa Saja?
Ada sejumlah keunggulan BRICS dari G7, salah satunya berkaitan dengan produk domestik bruto (PDB) global. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah keunggulan BRICS dari G7 , salah satunya berkaitan dengan produk domestik bruto (PDB) global. BRICS dan G7 merupakan dua kelompok ekonomi dunia yang cukup terkenal.



Melihat sejarahnya, Group of Seven (G7) muncul lebih dulu dengan deretan anggota mentereng negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan lainnya. Sementara itu, BRICS dilandasi oleh lima orang anggota awal yang merupakan negara berkembang yakni Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.



Perlahan tapi pasti, BRICS mulai menebar pengaruhnya di dunia. Belakangan keberadaan BRICS bahkan sudah mulai disebut sebagai penantang kelompok ekonomi global lain seperti G7.

Diolah dari berbagai sumber, Senin (24/6/2024) ada beberapa kelebihan BRICS yang tidak dimiliki G7.

Kelebihan BRICS dari G7

1. Andil terhadap PDB Global Lebih Besar

Negara anggota BRICS memiliki andil yang lebih besar terhadap produk domestik bruto (PDB) dunia. Kondisi ini sudah terjadi sejak 2020 lalu dalam hal paritas daya beli (PPP).

Mengutip laman Statista, selisih angkanya pun semakin besar pada 2023. BRICS memegang total 32% dari total produk domestik bruto (PDB) dunia.

Sementara untuk G7, mereka memiliki andil terhadap PDB Global sebesar 30 persen. Lebih jauh, selisih angka tersebut diperkirakan bakal lebih jauh lagi, terlebih BRICS baru saja merekrut beberapa anggota baru.

2. Banyak Diminati Negara Lain
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)