HT Tekankan Pentingnya Strategi yang Tepat untuk Kembangkan Bisnis

Jum'at, 31 Mei 2019 - 19:30 WIB
HT Tekankan Pentingnya Strategi yang Tepat untuk Kembangkan Bisnis
HT Tekankan Pentingnya Strategi yang Tepat untuk Kembangkan Bisnis
A A A
JAKARTA - Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) berbagi strategi bisnis dalam Manager Forum XXXIX MNC Group di Jakarta Concert Hall, I News Tower, Lantai 14, Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Di awal pembicaraannya, HT menegaskan bahwa dalam dunia usaha, istilah strategi yang tepat itu bukanlah apa yang kita lihat dan apa yang kita pikirkan. Namun jauh dari itu, jelas dia, "tepat" adalah bagaimana perusahaan mampu bertahan berkat strategi dan inovasi yang diterapkannya.

"Saya beri satu referensi. Kita tahu semua ya Disney, perusahaan media yang nondigital basisnya, yang terbesar di dunia," kata HT. Dia mengatakan, pada tahun 2018 keuntungan Disney mencapai USD12 miliar atau ekuivalen Rp160-170 triliun. Disney dengan strategi yang diterapkannya sebelum mengambilalih Fox mampu meraup keuntungan sedemikian besar.

HT menuturkan, apa yang bisa dipetik sebagai pelajaran dari sistem strategi dan pengembangan bisnis yang ditunjukkan Disney adalah bahwa setiap perusahaan yang dirancang sesuai kebutuhan pasar maka akan mendapatkan keuntungan yang sangat tinggi.

Di dalam negeri sendiri, kata HT, perusahaan Go-Jek meskipun dianggap unicorn, namun pada tahun 2018 masih rugi besar. "Tapi kenapa orang masih mau taruh uang di situ? Karena persepsi," ungkapnya.

Di bagian lain, HT mengatakan, dirinya sudah berkeliling ke sejumlah negara untuk menyampaikan strategi bisnis yang dikembangkan MNC di era sekarang ini. Dari sejumlah negara yang dikunjungi seperti Hong Kong dan Singapura antusiasme dunia usaha menurutnya cukup tinggi.

"Mau tahu berapa kenaikan saham MNC saat saya roadshow ke Singapura, Hong Kong? 30% lebih. Nanti setelah Lebaran saya akan roadshow lagi ke beberapa negara, kita liat nanti pergerakannya. Ini strategi yang perlu kita kembangkan," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4963 seconds (0.1#10.140)