BI Optimis Sistem Pembayaran Digital Berjalan Sukses

Jum'at, 07 Juni 2019 - 16:30 WIB
BI Optimis Sistem Pembayaran Digital Berjalan Sukses
BI Optimis Sistem Pembayaran Digital Berjalan Sukses
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) meluncurkan transformasi digital di Sistem Pembayaran Indonesia dalam membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital BI dengan soft launching QR Code Indonesia Standard (QRIS).

Gubenur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan hadirnya QRIS memungkinkan pembayaran melalui QR akan terinterkoneksi dan terinteropabilitas dengan menggunakan satu standar QR Code.

BI pun optimis sistem pembayaran digital ini akan berjalan sukses. Menurut bank sentral, beberapa negara Asia telah berhasil melakukan sistem pembayaran digital di negaranya, seperti China, Singapura, dan Malaysia.

Ketiga negara Asia ini memiliki sistem ekonomi yang kuat dan masyarakatnya sudag familiar menggunakan pembayaran uang elektronik.

“Kita lihat perkembangan pembayaran digital di China, Singapura, dan Malaysia sudah menjadi nadi ekonomi negara. Mereka sukses dalam penggunaan pembayaran digital menggunakan QR Code,” terang Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Erwin Haryono di Jakarta.

Erwin pun mengatakan BI terus mendorong digital open banking melalui standardisasi teknologi API (Application Programming Interface) terbuka (open API). Langkah itu jadi bagian perwujudan visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) hingga tahun 2025.

Saat ini, teknologi API sudah banyak digunakan oleh pemain di sektor keuangan, baik itu perbankan maupun teknologi finansial (teknologi finansial). Namun, belum ada standardisasi terkait hal tersebut.

"Setelah ini kami akan inisiasi standardisasi open API sehingga kolaborasi akan terjadi dengan cepat," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8993 seconds (0.1#10.140)