Ini Alasan BRICS Plus 'Ditakuti' NATO dan G7

Jum'at, 19 Juli 2024 - 10:23 WIB
loading...
Ini Alasan BRICS Plus...
Arab Saudi teah resmi bergabung dengan negara-negara blok BRICS pada hari Selasa (2/1/2024). FOTO/AP
A A A
JAKARTA - Ketika negara-negara BRICS bertemu di Afrika Selatan, China menggunakan kesempatan ini untuk mendorong menjadi saingan global bagi G7, sebuah pengelompokan informal negara-negara maju di dunia. Persaingan blok ini sudah matang dan pertarungan telah dimulai.

Dalam pertemuan puncak di Johannesburg, Afrika Selatan, September 2023, penolakan dominasi Barat mencuat. Dalam pidatonya, Rabu, 23 Agustus 2023, Presiden China Xi Jinping mengatakan, "BRICS adalah sebuah kekuatan penting dalam membentuk lanskap internasional. Kami memilih jalur pembangunan secara independen, bergabung membela hak kami dalam pembangunan, berjalan tandem menuju modernisasi."

Tidak ada satu pun negara yang memiliki keanggotaan di kedua kelompok tersebut. G7 dipimpin oleh Barat (AS, Inggris, Jerman, Prancis, Kanada, Italia, Jepang dengan Uni Eropa sebagai non-anggota). Di sisi lain, BRICS terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Baca Juga: TV Kremlin Ungkap Rusia Targetkan 5 Kota NATO: Hanya 3 Rudal, Peradaban Runtuh!

Dengan apa yang disebut BRICS Plus, enam negara baru Iran, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Argentina, Mesir, dan Ethiopia, juga telah bergabung dengan lima negara sebelumnya. Bergabungnya Iran merupakan tamparan keras bagi kekuatan geopolitik Barat.

Keikutsertaan ini telah memungkinkan BRICS, yang berlawanan dengan G7 dengan membawa pandangan yang lebih global dan majemuk. Sementara, G7 pada dasarnya adalah klub Barat dan Jepang adalah minoritas Asia dalam klub ini.

BRICS Plus menarik keanggotaan dari Eropa/Asia (Rusia), Asia (India dan China), Amerika Latin (Brasil dan Argentina), Timur Tengah (Iran, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi), dan Afrika (Ethiopia). Pandangan global ini memperkuat ambisi China dan Rusia untuk menantang tatanan global yang dipimpin oleh AS dan membangun tatanan dunia baru yang multipolar.

Oleh karena itu, narasi yang muncul dari BRICS Plus sebagian besar bersifat kritis terhadap Barat. Dalam pertemuan virtual pada November 2023, negara-negara BRICS mengecam Barat atas kegagalannya untuk mengamankan gencatan senjata di Gaza. Namun, meskipun pertemuan itu luar biasa, tidak ada pernyataan bersama atau posisi yang disepakati bersama terkait masalah Israel dan Palestina.

Meskipun beberapa celah telah muncul di antara anggota-anggota G7 sehubungan dengan pertanyaan mengenai pengiriman pasukan NATO ke Ukraina untuk secara langsung memerangi Rusia, masih belum ada celah dalam posisi yang mereka tetapkan untuk melawan Rusia. Konsensus ini diperkuat oleh ketakutan NATO akan Rusia sebagai negara yang bertekad untuk menyerang seluruh Eropa.

BRICS menjadi badan utama yang menyaingi G7 secara ekonomi. Selain keanggotaan enam negara baru, 17 negara lainnya mengajukan permohonan keanggotaan pada tahun 2023. Jika semua negara ini pada akhirnya bergabung dengan BRICS Plus, klub ini akan memiliki populasi hampir 4,2 miliar atau hampir setengah dari populasi global, 60 persen cadangan gas dunia dan PDB hampir dua kali lipat dari PDB Uni Eropa US USD30 triliun.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)