Sepak Terjang dan Popularitas Layanan Perbankan Digital di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2024 - 14:00 WIB
loading...
Sepak Terjang dan Popularitas...
MNC Bank merupakan salah satu dari sekian banyak penyedia layanan perbankan digital di Indonesia. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Perkembangan digitalisasi tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Penyebabnya adalah evolusi teknologi informasi kian berkembang dengan pesat, yang berdampak pada transisi perubahan pola pikir serta gaya hidup masyarakat sehari-hari. Salah satu sektor industri yang adaptif dalam menghadapi evolusi teknologi informasi adalah jasa keuangan, khususnya perbankan, yang berlomba menyediakan aplikasi layanan perbankan digital untuk melayani kebutuhan masyarakat yang semakin cepat dan praktis akibat hadirnya disrupsi teknologi.

Fenomena tersebut dikuatkan dengan data yang dirilis Bank Indonesia terkait transaksi yang dilakukan masyarakat melalui aplikasi layanan perbankan digital. Pada periode Q1 2024 Bank Indonesia mencatat terjadinya peningkatan transaksi mencapai 44,3% menjadi Rp19,7 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp13,6 triliun. Hal tersebut dapat terjadi seiring dengan maraknya pilihan layanan pembayaran digital yang semakin meningkat di Indonesia. Di sisi lain survey Populix, sebuah lembaga riset consumer insight platform menyebutkan bahwa pertumbuhan layanan perbankan digital didorong kuat oleh pengguna dari kalangan Gen Z, sebagai generasi pertama yang tumbuh dengan akses internet dan perkembangan teknologi digital sejak usia dini.



PT Bank MNC Internasional Tbk (IDX: BABP) atau MNC Bank, anak usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (IDX: BCAP) bagian dari MNC Group (IDX: BHIT) merupakan salah satu dari sekian banyak penyedia layanan perbankan digital di Indonesia. Melalui MotionBank miliknya yang diluncurkan sejak 2020 silam, MNC Bank dapat menjawab sebagian besar kebutuhan nasabahnya dalam memenuhi transaksi harian melalui berbagai kemudahan dan fitur canggih yang ditawarkan. Tak hanya Gen Z, berbekal keunggulannya tersebut, MotionBank dapat dengan mudah dinikmati oleh nasabah MNC Bank lintas generasi.

Yudistira Ardhi Prastono, Chief Digital Business Officer MNC Bank menyampaikan bahwa MotionBank merupakan jawaban atas transisi kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi, “Kami senantiasa berdaptasi melalui inovasi terkini karena kebutuhan transaksi perbankan nasabah terus berkembang seiring waktu, jangan sampai nasabah butuh transaksi ini itu ternyata kami belum ada. Faktor lain juga karena kami terus inline dengan misi MNC Bank untuk menawarkan layanan keuangan kepada nasabah dengan memberikan pengalaman perbankan yang memuaskan” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa fitu-fitur yang saat ini tersedia di MotionBank merupakan yang esensial untuk digunakan masyarakat memenuhi kebutuhan transaksinya. “Sebut saja Top-up e-wallet, kami hadirkan merchant rekanan yang popular dan paling sering digunakan masyarakat seperti Gopay, OVO, Dana, Shopepay, dan LinkAja. Kemudian fitur mendasar dan paling berguna, transfer antar rekening dan antar Bank, kami suguhkan dengan bebas biaya transfer bagi pengguna MotionBank untuk memberikan layanan yang menguntungkan. Ditambah, kami juga telah mengintegrasikan layanan pengajuan kartu kredit dan pembukaan deposito secara online melalui MotionBank sehingga nasabah dapat merasakan pengalaman aktivitas perbankan yang praktis dan efisien. Selain itu, saat ini kami juga sedang menyajikan ragam promo menarik untuk penggunaan MotionBank, selengkapnya masyarakat dapat mengakses informasi lebih lanjut di https://motionbank.id/ ” papar Yudis.

Sejalan dengan yang disampaikan Yudistira, sebuah lembaga riset dan survey consumer insight, Populix menyajikan fakta bahwa layanan perbankan digital di Indonesia banyak digunakan oleh masyarakat terutama Gen Z untuk memenuhi kebutuhan isi ulang e-wallet (54%), transfer antar bank (49%), berbelanja di e-commerce atau platform online (48%), serta transfer antar rekening (47%). Selain itu menurut hasil survey tersebut, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi responden dalam memilih bank digital, seperti biaya admin dan biaya transfer yang rendah (56%), program promosi/diskon/cashback (52%), keamanan bank (50%), desain aplikasi yang mudah digunakan (49%), dan fleksibilitas dalam transaksi sehari-hari (47%).



Yudistira juga mengungkapkan “Pertumbuhan kinerja dan layanan MotionBank yang signifikan ini merupakan hasil dari komitmen kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan perbankan yang terbaik bagi nasabah. Kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas layanan kami, sehingga MotionBank dapat menjadi aplikasi layanan perbankan digital yang kompetitif dan semakin menjadi pilihan bagi nasabah untuk bertransaksi. Kami yakin dapat merespons kebiasaan transaksi perbankan masyarakat yang terus berkembang, tentu dengan komitmen untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi nasabah” tutup Yudis.

Untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai MNC Bank, hubungi MNC Bank Call Center di 1500188, kunjungi Kantor Cabang Operasional MNC Bank yang tersebar di beberapa kota, dan akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.co.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank dan @motionbankingid di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di X.

Serta jangan lupa untuk menikmati layanan perbankan digital MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di PlayStore dan App Store. Untuk mempermudah pembukaan rekening Tabungan Motion, ikuti panduannya pada https://bit.ly/TutorBuRekdanMPay . Kamu juga bisa terhubung langsung dengan Customer Service MotionBank melalui whatsapp chat di 08888888888.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)