Bertemu Perusahaan Indonesia di Ethiopia, Kemlu Dukung Investasi Indonesia di Afrika

Sabtu, 13 Juli 2019 - 18:50 WIB
Bertemu Perusahaan Indonesia di Ethiopia, Kemlu Dukung Investasi Indonesia di Afrika
Bertemu Perusahaan Indonesia di Ethiopia, Kemlu Dukung Investasi Indonesia di Afrika
A A A
JAKARTA - Investasi Indonesia di negara-negara Afrika, terus menunjukkan pertumbuhan siginifikan. Ini tercermin dari peningkatan dan pengembangan kerja sama ekonomi Indonesia dengan Afrika.

Untuk mendukung investasi dan kerja sama ekonomi Indonesia dengan Afrika, Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri pun, ikut hadir dan mencarikan jalan agar lebih memudahkan perusahaan-perusahaan Indonesia yang berinvestasi di sana dan memberikan perlindungan apabila diperlukan.

Direktur Afrika Kementerian Luar Negeri, Daniel Tumpak Simanjuntak, lantas mengadakan sejumlah pimpinan perusahaan Indonesia di Ethiopia bersama masyarakat Indonesia, bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia Addis Ababa, Ethiopia, pada Jumat (12/7) malam waktu setempat.

Dalam pertemuan dan diskusi tersebut, hadir antara lain Adrianto Yuliar Salam, Deputi General Manager PT Indofood Ethiopia; Taryat Suratman, General Manager Peace Success Industry Plc sister company PT Sinar Antjol; dan Arwin Ludiansyah, Country and Business Controller, H&M Ethiopia. Diskusi dipandu oleh Al Busyra Basnur, Duta Besar Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika.

"Indonesia terus meningkatkan dan memperkuat kehadiran di Afrika terutama melalui diplomasi ekonomi sebagaimana visi yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo. Menlu Retno Marsudi juga telah menekankan agar diplomasi ekonomi Indonesia harus memberikan hasil yang konkret dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan bangsa dan negara kita," kata Dubes Al Busyra Basnur, dalam keterangan yang diterima SINDOnews di Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Menyinggung hubungan dan kerja sama ekonomi Indonesia dengan Ethiopia, Direktur Daniel Tumpal mengatakan Indonesia memiliki peluang dan potensi yang besar dalam meningkatkan kerja sama bilateral dengan Ethiopia. Ini mengingat pertumbuhan ekonomi Ethiopia tertinggi di kawasan dengan jumlah penduduk kedua terbesar di Afrika, yaitu 108 juta jiwa.

Adanya penerbangan langsung Ethiopia Airlines yang menghubungkan Addis Ababa-Jakarta; Ethiopia adalah hub konektivitas udara di Afrika Sub Sahara. Adanya markas Uni Afrika dan sejumlah kantor organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Addis Ababa serta banyaknya perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Ethiopia.

Duta Besar Al Busyra Basnur mengatakan, saat ini terdapat lima perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Ethiopia, yaitu PT Sinar Antjol, PT Indofood, PT Bukit Perak, PT Busana Apparels Group, dan PT Sumber Bintang Rejeki.

Pada diskusi tersebut Adrianto Yuliar Salam dan Taryat Suratman juga menceritakan panjang lebar tentang pengalaman mereka menjalankan perusahaan Indonesia yang mereka pimpin. Mereka juga menyampaikan penghargaan atas perhatian yang semakin besar diberikan pemerintah kepada perusahaan-perusahaan Indonesia yang berinvestasi ke luar negeri seperti di Afrika.

Kiprah investasi perusahaan Indonesia ke luar negeri membuktikan bahwa Indonesia dapat menjadi pemain ekonomi penting di Afrika, memberikan multiplier effect yang besar secara ekonomi kepada Indonesia dalam hal pengembangan sumber daya manusia, peningkatan pendapatan negara, perluasan pangsa pasar Indonesia, dan penguatan brand perusahaan Indonesia.

Yang tidak kalah penting juga, seperi harapan pendiri bangsa, Indonesia memberikan kontribusi kepada peningkatan ekonomi di Afrika. Semua negara di Afrika, sama seperti Indonesia, menginginkan adanya investasi ekonomi negara-negara sahabat masuk ke dalam negeri mereka.

Direktur Daniel Tumpal berada di Addis Ababa dalam rangka kunjungan konsultasi ke markas Uni Afrika dan beberapa lembaga lainnya di Addis Ababa dalam rangka keanggotaan tidak tetap Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8108 seconds (0.1#10.140)