Crazy Rich Asians yang Sebenarnya, Ada yang dari Indonesia

Rabu, 24 Juli 2024 - 18:24 WIB
loading...
Crazy Rich Asians yang...
Keluarga Ambani, crazy rich dari India yang pernikahan puteranya baru-baru ini menghabiskan biaya Rp9,7 triliun. FOTO/Dok.
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi dan kekayaan di wilayah Asia terus menjadi perhatian secara global. Asia menurut Laporan Kekayaan Global tahun 2023 oleh Credit Suisse, diakui sebagai wilayah terkaya di dunia.

Menurut laporan tersebut, total kekayaan Asia-Pasifik, termasuk China dan India, mencapai sekitar USD177,82 triliun atau Rp2.845.120 triliun, alias Rp2,845 kuintiliun pada tahun 2022. Asia mengungguli total kekayaan Amerika Utara yang sebesar USD151,17 triliun dan Eropa yang sekitar USD104,41 triliun.



Tak heran jika wilayah ini banyak menghasilkan "sultan-sultan" dengan kekayaan fantastis. Mengutip Forbes India, berikut 5 orang paling tajir di Asia dengan kekayaan "gila-gilaan" yang bisa jadi mengilhami film drama-komedi romantis "Crazy Rich Asians" yang sukses di tahun 2018 lalu.

1.Mukesh Ambani
Mukesh Ambani, Chairman dan Direktur Pelaksana Reliance Industries, adalah orang terkaya di Asia. Mukesh memiliki kekayaan bersih sebesar USD113,5 miliar atau sekitar Rp1.816 triliun (kurs Rp16.000 per USD).

Keluarga Ambani baru-baru ini menyita perhatian dunia melalui pesta pernikahan super mewah puteranya, Anant Ambani. Pesta ini pernikahan diperkirakan menghabiskan biaya sekitar Rp9,7 triliun. Tamu-tamu undangan antara lain mendapat hadiah jam mewah seharga Rp300 juta.

2. Gautam Adani
Gautam Adani memiliki total kekayaan USD85,7 miliar atau sekitar Rp1.371,2 triliun. Dia mengepalai Adani Group, sebuah perusahaan senilai USD81 miliar yang mencakup pelabuhan, bandara, energi, dan inisiatif ramah lingkungan.

3. Prajogo Pangestu
Taipan energi dan petrokimia Indonesia ini disebut memiliki kekayaan sebesar USD61,8 miliar atau sekitar Rp988,8 triliun. Berawal dari bisnis perkayuan, saat ini perusahaannya, PT Barito Pacific, merupakan salah satu pemimpin dalam bidang petrokimia, produksi plastik, pertambangan, dan energi panas bumi di Indonesia.

Kekayaan Prajogo disebut meningkat signifikan pada tahun 2023 ketika dua perusahaan grupnya, Petrindo Jaya Kreasi dan Barito Renewables Energy, go public.



4. Zhong Shanshan
Pengusaha air kemasan asal China ini punya kekayaan tak main-main, sebesar USD59,3 miliar atau sekitar Rp948,8 triliun. Zhong selama tiga tahun berturut-turut menduduki peringkat nomor satu orang terkaya di China.

5. Colin Zheng Huang
Colin Huang adalah pendiri PDD Holdings, sebuah perusahaan e-commerce terkenal China yang telah berganti nama dari Pinduoduo pada Februari 2023. Huang juga mendirikan game online Xinyoudi, dan platform e-commerce lain yang dikenal sebagai Ouku.com. Miliarder berusia 44 tahun ini memiliki kekayaan USD50,7 miliar atau sekira Rp811,2 triliun.

Di luar nama-nama tadi, Asia juga menjadi rumah bagi banyak orang kaya lainnya dengan kekayaan tak terkira. Bahkan, menurut Knight Frank Global, dalam publikasi "The Wealth Report 2024" Indonesia juga menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki pertumbuhan crazy rich yang pesat, bersama dengan Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Vietnam dan China.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)