5 Produk Unggulan yang Diimpor Indonesia dari Rusia, Ada Pupuk hingga Ikan

Rabu, 24 Juli 2024 - 20:42 WIB
loading...
5 Produk Unggulan yang...
Daftar produk unggulan yang diimpor Indonesia dari Rusia. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Perjanjian perdagangan bebas Indonesia-EAEU diharapkan dapat menumbuhkan nilai perdagangan Indonesia di kawasan Eropa Timur khususnya Rusia . Sejumlah pertemuan penting antara kedua negara dilakukan tahun lalu diharapkan mampu memperkuat hubungan kerja sama Indonesia-Rusia, mengingat besarnya potensi sektor yang bisa dimanfaatkan.

Kolaborasi antara Indonesia dan Rusia masih perlu ditingkatkan khususnya untuk mencapai target nilai perdagangan pada 2024 sebesar USD5 miliar. Menurut basis data Comtrade PBB, Indonesia membukukan ekspor dengan Federasi Rusia sebesar USD1,39 miliar per Desember 2022. Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Federasi Rusia, ekspor dalam 10 tahun terakhir dalam tren kenaikan.

Dari total 97 produk yang diekspor ke Federasi Rusia, 51 produk bernilai lebih dari USD1 miliar. Kebanyakan produk ekspor merupakan produk yang juga banyak diekspor ke negara lain yang jumlahnya tercatat ada 72 produk.



Produk utama yang diekspor Indonesia ke Federasi Rusia di antaranya, lemak dan minyak hewani, sayuran atau mikroba dan produk belahannya; reaktor nuklir, boiler, mesin dan peralatan mekanis; kopi, teh, maté, dan rempah -rempah; karet dan artikelnya; mesin dan peralatan listrik dan bagiannya.

Sementara, Indonesia membukukan impor dengan Federasi Rusia sebesar USD2,18 miliar per Desember 2022. Nilai tersebut naik 73,92% dibandingkan impor tahun sebelumnya yang tercatat sebesar USD1,25 miliar.

Dari total 97 produk yang diimpor dari Federasi Rusia, 43 produk bernilai lebih dari USD1 miliar. Kebanyakan impor dari tempat ini merupakan produk yang juga banyak diimpor dari negara lain yang jumlahnya tercatat ada 55 produk.



Daftar 5 produk utama yang diimpor Indonesia dari Federasi Rusia;

1. Pupuk
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)