alexametrics

Sri Mulyani Siap Guyurkan Anggaran untuk Peremajaan Mesin Tekstil

loading...
Sri Mulyani Siap Guyurkan Anggaran untuk Peremajaan Mesin Tekstil
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, akan turun tangan meremajakan mesin tekstil untuk meningkatkan industri tekstil di Indonesia. Untuk itu, Sri Mulyani menandaskan siap memberi anggaran untuk peremajaan mesin tekstil yang berasal dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Upaya peremajaan ini merupakan bagian dari rencana Kementerian Perindustrian melakukan kembali program restrukturisasi industri tekstil, setelah program ini diberhentikan tahun 2015.

"Kalau dari sisi kebutuhan, dari sisi industri, kita harus terus menerus menjaga kompetitif industri kita. Sehingga pemerintah harus turun tangan," terang Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/7/2019).



Sri Mulyani pun meminta bagi pengrajin industri tekstil untuk mendata dan memperhatikan alat mesin pembuatan tekstil mereka, agar bisa diremajakan oleh pemerintah.

"Kalau pemiliknya swasta, harus dihitung lagi mesinnya. Kalau sudah 20 tahun, harusnya membeli lagi jangan sampai mesinnya sudah tua dan tidak ada modal. Pemerintah akan terus mendukung peranan dan tata usaha pengusaha tekstil. Mereka harus meningkatkan teknologi," jelasnya.

Sebagai informasi, Kemenperin mencatat kebutuhan industri tekstil untuk mengganti mesin-mesin yang dinilai sudah tua diperkirakan mencapai Rp400 miliar per tahun. Pada program restrukturisasi terdahulu, pemerintah memberikan subsidi 10% dari nilai investasi atau harga mesin dan untuk setiap perusahaan maksimal diberikan Rp5 miliar.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak