alexametrics

Suku Bunga Turun, Investasi Diharapkan Makin Deras di Semester II

loading...
Suku Bunga Turun, Investasi Diharapkan Makin Deras di Semester II
Investasi diharapkan masuk makin deras di semester II tahun ini setelah penurunan suku bunga acuan oleh BI. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berharap penurunan suku bunga yang dilakukan Bank Indonesia (BI) dan perbaikan dari sisi investasi yang dilakukan pemerintah bisa mendorong masuknya investasi di semester II/2019.

Sri Mulyani menuturkan, respons BI terhadap lingkungan global maupun dalam negeri dengan menaikkan suku bunga telah berdampak pada investasi. Pertumbuhan investasi agak melemah dibandingkan akhir tahun lalu yang mampu mendekati 7%.

"Kenaikan suku bunga memang suka tidak suka muncul dampaknya ke investasi. Dengan penurunan suku bunga dan direction yang akan terjadi serta improvement dan perbaikan dari sisi investasi, kita harapkan investasi akan bisa pick up lagi di semester II/2019," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/7/2019).



Sri Mulyani melanjutkan, pemerintah terus melakukan policy untuk mendukung investasi melalui kemudahan berusahan dan insentif perpajakan seperti super deductible tax untuk pendidikan vokasi serta melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang). "Kita juga memberikan tax holiday dan tax allowance yang diharapkan akan mendapatkan momentum di semester II/2019," ungkapnya.

Di sisi lain, situasi politik di dalam negeri semakin baik sehingga memberikan keyakinan pada investor bahwa iklim investasi kondusif. "Jadi kita berharap seluruh faktor akan menunjukkan positif," tuturnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak