Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Era Disrupsi Kian Menantang

Jum'at, 26 Juli 2024 - 22:56 WIB
loading...
Pengelolaan Sumber Daya...
Kepala LMFEB UI Yasmine Nasution. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di era disrupsi kian menantang di tengah perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perubahaan tren di dunia kerja. Kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi terkini akan memberi peluang memenangkan persaingan bisnis.

Perusahan perlu berupaya membangun organizational agility atau ketangkasan organisasi dengan memanfaatkan teknologi terkini sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini tentu merupakan peran human resources (HR) sebagai nahkoda perubahan di sebuah perusahaan agar kinerja terus tumbuh dan berkelanjutan.

Merespons perubahan dalam dunia kerja, SWA Group berkolaborasi dengan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis (LMFEB) Universitas Indonesia mengadakan event The 15th Indonesia HR Excellence Conference & Awarding 2024 dengan tema 'Building Agility and Work Experience Towards Future-Ready Organization'.

Baca Juga: Buka Sekolah Pemimpin Perubahan, Gus Imin Ingatkan Soal Disrupsi Politik

Kepala LMFEB UI Yasmine Nasution melihat pemimpin HR di Indonesia telah memiliki kesadaran mengenai adanya perubahan dan tren yang terjadi di dunia kerja dengan berbagai inovasi dan terobosan baru melalui employee wellbeing program. Pengelolaan HR harus dijaga dan disosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan di perusahaan serta dikembangkan untuk jangka panjang.

"Secara keseluruhan, hasil penjurian menunjukkan bahwa banyak perusahaan yang memiliki program inovatif dalam mengelola SDM," ujar dia, dikutip Kamis (26/7/2024).

Adapun acara ini berhasil menjaring partisipan yang diikuti oleh 55 perusahaan. Peserta yang mengikuti seleksi hingga pada tahap akhir, telah melakukan presentasi dan tanya jawab oleh dewan juri. Peserta datang dari berbagai sektor industri, seperti perbankan, lembaga keuangan nonbank, consumer goods, manufaktur, perkebunan, pertambangan dan energi, transportasi, distribusi, telekomunikasi hingga sejumlah startup.



Peserta dibagi ke dalam sejumlah kategori bidang HR yang menjadi peminatan di antaranya kategori Learning & Development (L&D) and Knowledge Management, Reward Management & Talent Retention Strategy, HR Digitization and People Analytics, Employer Branding and Talent Acquisition, serta Wellbeing Management.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)