Solusi Finansial bagi Nasabah yang Berlibur ke Luar Negeri

Senin, 29 Juli 2024 - 14:32 WIB
loading...
Solusi Finansial bagi...
Meningkatnya jumlah wisatawan nasional yang bepergian ke luar negeri, mendorong lembaga keuangan perbankan untuk mencari solusi finansial bagi para wisatawan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Meningkatnya jumlah wisatawan nasional yang bepergian ke luar negeri, mendorong lembaga keuangan perbankan untuk mencari solusi finansial bagi para wisatawan. Consumer Funding & Wealth Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Ivan Jaya mengatakan, pihaknya memahami bahwa nasabah membutuhkan produk finansial untuk menunjang aktivitas traveling.

"Maka dari itu, Danamon menyediakan berbagai produk finansial yang memudahkan nasabah dalam mengatur perjalanan mereka baik sebelum, saat, dan sesudah traveling dimulai dari asuransi perjalanan hingga penukaran valuta asing dengan rate yang kompetitif untuk liburan tenang dan aman," ujar Ivan Jaya, Jumat (26/7/2024).



Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah perjalanan wisnas (wisatawan nasional) selama 2023 mencapai 7,52 juta perjalanan. Jumlah ini meningkat 112,26% dibandingkan tahun sebelumnya.

Negara tujuan favorit antara lain Singapura, Jepang, China, dan Australia. Bahkan di 2024, wisnas yang bepergian ke luar negeri sudah mencapai 2.942.241 pada empat bulan pertama tahun ini. Jumlah tersebut naik 19,78% dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 2.456.318 perjalanan.



Sementara itu, survei GoodStats menunjukkan alasan traveling beragam. Survei menunjukkan, 38% menganggap negara tujuan memiliki tempat wisata yang menarik, 35% keindahan alam yang menawan, 29% kemudahan akses untuk mencapai negara tujuan, 21% kebudayaan khas yang unik, dan 13% keberagaman kuliner yang lezat.

Hal ini menunjukkan wisatawan Indonesia dengan suka rela mengeluarkan uang untuk memiliki pengalaman yang tidak terlupakan saat traveling.

Enriko Sutarto, Consumer Lending Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk. mengatakan, sebagai bank yang customer-centric, pihaknya menyadari pentingnya menyediakan solusi finansial yang tepat dan tailor-made untuk menjawab setiap kebutuhan nasabah.

Maka dari itu, Danamon menghadirkan beragam produk dan layanan termasuk Kartu Kredit yang fitur dan benefitnya disesuaikan dengan kebutuhan finansial namun juga mendukung kebutuhan lifestyle nasabah.

"Salah satunya adalah kebutuhan nasabah baik sebelum, saat, maupun sesudah traveling ke luar negeri untuk memaksimalkan pengalaman berlibur nasabah sambil tetap menjaga pengelolaan keuangan mereka," jelas Enriko.

Menggunakan kartu kredit saat bepergian, lanjut dia, memiliki beberapa keuntungan, apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi pembayaran digital dewasa ini. "Sebab, kartu kredit umumnya lebih aman daripada membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan nyaman untuk digunakan bertransaksi karena didukung dengan fitur contactless," tandasnya.

Selain itu, apabila nasabah kehilangan atau mengalami pencurian kartu kredit, pemblokiran pun dapat cepat dilakukan tanpa khawatir kehilangan uang karena tidak langsung terdebet. Menggunakan kartu kredit juga memudahkan nasabah dalam melacak pengeluaran karena adanya catatan transaksi otomatis yang sudah terkategorisasi seperti makanan, transportasi, dan lain-lain, serta dapat dengan mudah diakses di aplikasi mobile banking.

"Adapun produk yang dimaksud adalah Kartu Kredit Danamon JCB Precious, yang memfokuskan fitur dan benefit-nya pada lifestyle dan travel, sejalan dengan tagline-nya yaitu 'Bebas dari Rutinitas'," katanya.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)