Sucofindo Apresiasi 156 Pelaku Usaha dan 15 Local Hero di ENSIA 2024

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 16:27 WIB
loading...
Sucofindo Apresiasi...
Gelaran acara Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) tahun 2024 di Bali, Rabu (31/7/2024). FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - PT Sucofindo memberikan apresiasi kepada 156 pelaku usaha, serta 15 local hero atas inovasi sosial dan lingkungan dalam acara Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) tahun 2024 di Bali, Rabu (31/7) lalu. Para penerima penghargaan tersebut dipilih dari 756 pendaftaran paper aspek inovasi lingkungan dan sosial dan 60 nominasi local hero.

"Kami mengapresiasi PT Sucofindo serta para pelaku usaha yang telah menerapkan efisiensi terhadap pengelolaan keseimbangan antara lingkungan, ekonomi, dengan sosial. Hal ini sebagai bentuk komitmen kepedulian perusahaan atas perubahan iklim, penanganan lingkungan hidup," kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong yang hadir di acara tersebut, melalui siaran pers, Sabtu (3/8/2024).



Alue berharap, ke depannya para pelaku usaha yang menerima penghargaan dapat memberikan dan menciptakan inovasi secara berkelanjutan. Pada acara tersebut, Alue Dohong juga menyambut baik diadopsinya tema Green Leadership Proper Emas, yaitu Pengentasan Kemiskinan, Pengurangan Kesenjangan, Pemberdayaan Perempuan, Sistem Pangan yang Sehat untuk Manusia dan Ekosistem, serta Transisi ke Energi Bersih sebagai kategori untuk para penerima penghargaan local hero inspiratif penggerak inovasi sosial.

"Adanya penghargaan terhadap local hero inspiratif penggerak inovasi sosial pada ENSIA tahun ini merupakan langkah baik. Semoga penghargaan yang diterima akan memotivasi para local hero untuk terus mengembangkan inovasi sosial secara berkelanjutan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda mengatakan bahwa penghargaan ini sejalan dengan dukungan perusahaan terhadap program KLHK. Penghargaan ini menurutnya merupakan bukti komitmen PT Sucofindo dalam mendukung program unggulan KLHK pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER).



Jobi menambahkan, bahwa ENSIA juga menjadi wadah terbuka bagi komitmen para inovator lingkungan dan sosial dalam menerapkan upaya penurunan emisi karbon, dan pemberdayaan masyarakat. "Untuk penurunan emisi, ENSIA 2024 mengusung konsep rendah emisi atau mengadaptasi Mice Sustainability, di mana PT Sucofindo menghitung karbon footprint atas emisi yang dihasilkan pada acara ENSIA 2024, dan melakukan carbon offsetting melalui pembelian Sertifikasi Pengurangan Emisi di PT Bursa Efek Indonesia," paparnya.

Perhelatan ENSIA telah terlaksana sejak tahun 2022 dan kini memasuki tahun ke-3. Adapun penghargaan ENSIA 2024 yang diberikan, terdiri dari 7 topik inovasi lingkungan dan sosial, meliputi efisiensi energi, penurunan emisi, pengurangan limbah B3, 3R limbah padat non B3, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran, perlindungan keanekaragaman hayati, serta inovasi sosial. Masing-masing topik tersebut terbagi menjadi 3 kategori, yaitu penghargaan platinum, gold dan silver.

Pada kategori lainnya, menghadirkan pemenang kategori Best of The Best yang diberikan kepada peserta yang berhasil meraih poin paling tinggi berdasarkan jumlah perolehan kategori platinum, gold, silver, serta local hero inspiratif. Kemudian, untuk kategori pemenang Top 4 untuk Best Participant didasarkan hasil keikutsertaan terbanyak, baik dalam kategori inovasi sosial, lingkungan, maupun local hero.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)