AS Kelilit Utang Rp563.357 Triliun, Ukraina Bakal Kehilangan Pendonor?

Minggu, 04 Agustus 2024 - 10:47 WIB
loading...
AS Kelilit Utang Rp563.357...
Amerika Serikat (AS) menghadapi tantangan berat untuk mendapatkan tambahan anggaran dalam mendukung Ukraina di tengah perang berkepanjangan melawan Rusia. Foto/Dok
A A A
KIEV - Amerika Serikat (AS) menghadapi tantangan berat untuk mendapatkan tambahan anggaran dalam mendukung Ukraina di tengah perang berkepanjangan. Lantaran itu Perwakilan Khusus AS untuk Pemulihan Ekonomi Ukraina , Penny Pritzker mengatakan, Kiev harus mencari cara sendiri untuk meningkatkan pendapatannya.



Pernyataan tersebut dilontarkan, setelah pemerintahan Biden mengumumkan paket bantuan terbaru terhadap Ukraina sebesar USD1,7 miliar (Rp27,3 triliun) untuk Kiev pada awal pekan lalu. Pada saat yang sama utang nasional AS naik melewati angka USD35 triliun atau setara Rp563.357 triliun (Kurs Rp16.095 per USD) untuk pertama kalinya pada hari yang sama.

Berbicara pada panel diskusi bertajuk "Masa depan pemulihan ekonomi Ukraina," Pritzker, yang merupakan mantan menteri perdagangan AS dan miliarder, mengakui bahwa sumber dana adalah "tantangan."

"Berapa banyak uang dan berapa banyak modal yang harus kita kemukakan? Kami harus mencari tempat lain selain hanya dukungan anggaran langsung dari kami. Dan itu menjadi semakin menantang," katanya.



Perwakilan khusus AS itu menambahkan bahwa, karena kesulitan, timnya bekerja "sangat erat" dengan Ukraina "untuk mencoba dan memilah" rencana mereka sendiri. Lalu tindakan apa yang ingin Ukraina ambil "untuk meningkatkan pendapatan pendapatan anggaran mereka sendiri."

Sementara itu Pritzker menekankan, bahwa dukungan bipartisan AS untuk Ukraina tidak akan berubah, terlepas dari hasil pemilihan presiden pada bulan November.

Departemen Pertahanan AS mengatakan, pada hari Senin bahwa, sejak dimulainya perang Rusia Ukraina pada Februari 2022, pemerintahan Biden telah mengalokasikan lebih dari USD55,4 miliar dalam bentuk "bantuan keamanan" ke Ukraina, yang mencakup berbagai senjata mematikan.

Di sisi lain Calon Republik dan mantan Presiden Donald Trump telah berulang kali mengancam akan mengurangi bantuan ke Kiev jika dia terpilih. Salah satu proposal kebijakan utamanya adalah menyusun bantuan sebagai pinjaman. Dia juga berjanji untuk mengakhiri konflik dalam waktu 24 jam setelah kembali ke Gedung Putih.

Sebelumnya, proposal bantuan untuk Kiev kesulitan mendapatkan dukungan. Akibatnya paket bantuan senilai USD61 miliar terhenti selama berbulan-bulan di Kongres awal tahun ini karena oposisi dari Partai Republik, sebelum akhirnya disahkan pada bulan April.

Utang nasional AS melampaui angka USD35 triliun. Pada bulan lalu, Dana Moneter Internasional (IMF) mengkritik "ketidakselarasan" dalam kebijakan fiskal AS. IMF menyebut defisit anggaran dan tingkat utang Washington sebagai "risiko yang meningkat" untuk seluruh ekonomi global.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)