Daftar Negara Asia Penikmat Gas Rusia, Nomer 3 Bakal Jadi Konsumen Utama

Kamis, 08 Agustus 2024 - 13:24 WIB
loading...
Daftar Negara Asia Penikmat...
Setelah menghentiakan pasokan gas ke Uni Eropa, Rusia kina beralih ke Asia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gas Rusia kini sudah mulai beralih ke pasar Asia setelah Moskow memotong pasokan sumber daya alamnya untuk Uni Eropa. Pemotongan pasokan gas alam ini menjadi balasan Vladimir Putin setelah Uni Eropa memberikan sanksi ekonomi.

Namun dengan menghentikan pasokan gas ke Eropa tentu akan membuat Moskow kehilangan sumber ekspor terbesarnya. Karena itu, Negeri Tirai Besi mulai mencari peluang untuk mengekspor gas alam ke tujuan baru.

Salah satu wilayah yang menjadi tujuan adalah Asia, terutama di wilayah Asia Tengah. Sejak musim gugur tahun 2022, Rusia telah meningkatkan upaya diplomatiknya ke Asia Tengah.



Tidak hanya di wilayah Asia Tengah, beberapa sekutu terdekat Rusia di Benua Hijau juga tercatat berperan besar dalam pembelian gas alam ini.

3 Negara Asia Konsumen Gas Rusia

1. Uzbekistan

Hasil nyata pertama dari upaya Rusia mencari pasar baru terjadi pada bulan Oktober 2023, ketika negara tersebut mulai mengekspor gas ke Uzbekistan. Dikutip dari OSW, Moskow akan mengirimkan 2,8 bcm gas per tahun berdasarkan kontrak dua tahun yang ditandatangani pada Juni 2023.

Meski begitu, dimulainya pasokan ke Uzbekistan hanya merupakan keberhasilan yang moderat dari sudut pandang komersial.

Sebab ekspor gas sebesar 2,8 bcm per tahun hanya mewakili sebagian kecil dari hilangnya pasar Eropa di Rusia, dan tidak menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam situasi keuangan Gazprom
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)