Startup Weekend Indonesia, Ajang Membangun Bisnis di BSD City

Senin, 26 Agustus 2019 - 18:26 WIB
Startup Weekend Indonesia, Ajang Membangun Bisnis di BSD City
Startup Weekend Indonesia, Ajang Membangun Bisnis di BSD City
A A A
BSD CITY - Guna memperkaya pengembangan ekosistem digital di BSD City, Sinar Mas Land kembali menjadi tuan rumah untuk kegiatan bertema kewirausahaan digital, Startup Weekend Indonesia di Dermaga, The Breeze BSD City. Selama dua setengah hari para startup enthusiast akan mendapatkan pengalaman membangun sebuah perusahaan digital yang dimulai dari membentuk tim, brainstorm, pitching idea, hingga presentasi di depan investor dengan bimbingan mentor yang sudah berpengalaman membangun startup.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi dengan Kumpul dan Techstars, sebuah platform pengembangan startup yang bertujuan untuk mendorong proses pengembangan startup agar dapat menyelesaikan isu-isu strategis di Indonesia. Techstars adalah salah satu pemegang lisensi program Startup Weekend dari Google for Startup, sehingga program ini secara global turut didukung oleh Google for Startups. Kehadiran Startup Weekend Indonesia di BSD City menekankan komitmen Sinar Mas Land dalam pengembangan ekosistem digital secara masif dan global.

Sebagai negara besar, Indonesia memiliki berbagai tantangan yang menjadi perhatian bagi masyarakat. Tantangan seperti rendahnya literasi dan edukasi, kemiskinan, ketimpangan impor bahan pokok, kemacetan, dan tingginya pemakaian energi fosil seakan menahan laju Indonesia bergerak dari sebutan negara berkembang. Berita baiknya, pemuda Indonesia memiliki keinginan yang kuat untuk menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut melalui jalur pengembangan perusahaan startup.

Mereka berlomba-lomba menciptakan inovasi, aplikasi, menggagas sistem, atau menyebarkan kampanye untuk menanggapi permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Terbukti, Indonesia menjadi salah satu penyumbang startup terbesar di Asia Tenggara dan mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5% selama lima tahun terakhir karena melakukan digital inclusion.

Potensi dan dampak positif perusahaan startup ini mendorong Sinar Mas Land untuk terus mendukung kebutuhan ekosistem startup di BSD City. Salah satu usaha tersebut adalah mengadakan acara pengembangan startup seperti Startup Weekend Indonesia.

“Selama bertahun-tahun Sinar Mas Land telah mengembangkan ekosistem digital di BSD City untuk mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia. Kami menyadari potensi ini dan sangat bersemangat untuk menjadi salah satu pengembang yang menggerakkan roda ekonomi digital di Indonesia," ujar Irawan Harahap, selaku Digital Hub Project Leader dari Sinar Mas Land.

“Upaya itu dimulai dengan mengembangkan startup yang berorientasi menyelesaikan masalah sosial dan memudahkan kehidupan masyarakat. Acara edukatif seperti Startup Weekend Indonesia ini sarana yang sangat penting untuk pengembangan ekosistem startup di BSD City. Harapannya dengan adanya acara seperti ini, developer, wirausaha, tech savvy dan siapapun yang memiliki passion di sektor startup ini tergerak untuk melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat," paparnya.

Startup Weekend Indonesia merupakan acara pengembangan startup yang diadakan selama dua setengah hari untuk mendorong perkembangan startup digital di Indonesia. Selama dua setengah hari, peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang – developer, desainer, wirausaha, freelancer, pelajar – akan melewati fase-fase pembentukan startup. Fase tersebut dimulai dari pembentukan tim, brainstorm ide atau gagasan, hingga mempersiapkan peluncuran produk. Selama fase ini, mereka juga akan didampingi oleh mentor yang memberikan ilmu dan pengetahuan terkait pengembangan perusahaan dan penetrasi pasar.

Untuk menjamin kualitas dan kredibilitas program, Startup Weekend Indonesia menghadirkan berbagai nama besar di bidang teknologi digital dan dunia startup sebagai panel juri maupun tim ahli. Beberapa perusahaan startup, institusi dan korporasi telah melibatkan timnya dalam acara ini, antara lain Kominfo, BEKRAF, Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Telkomsel, Sinar Mas Land, Bukopin, Kata.ai, Jojonomic dan Sirclo.

“Partnership dengan Sinar Mas Land adalah sebuah hal yang sangat menarik bagi kami. Kami sudah mengenal BSD City sebagai pusatnya ekosistem digital yang sedang berkembang pesat. Oleh karena itu, dengan mengadakan Startup Weekend Indonesia di BSD City, kami berharap akan banyak developer, software engineer, entrepreneur, desainer, dan pelaku digital lainnya yang tertarik bergabung ke dalam ekosistem digital yang sedang dibangun oleh Sinar Mas Land. Kalau semua sudah berkumpul di sini, tentu kolaborasi akan semakin mudah dan tujuan kita untuk menjadi leading digital economy country bisa terwujud,” ungkap Faye Alund, Founder dari Kumpul.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5760 seconds (0.1#10.140)