Kolaborasi Mendorong Startup agar Siap Melayani Masyarakat

Rabu, 24 Agustus 2022 - 13:21 WIB
loading...
Kolaborasi Mendorong Startup agar Siap Melayani Masyarakat
Banyak upaya dilakukan untuk mencetak startup yang siap berkompetisi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Wira Global Solusi Tbk, perusahaan venture builder, digandeng Sinar Mas Land melalui Digital Hub dalam upaya menjadi penyokong pertumbuhan startup melalui program Digital Hub Next Action (DNA). Dalam kerja sama tersebut, perusahaan yang dikenal sebagai WGSHub itu menjadi penyelenggara Tech Bootcamp for Entrepreneur, nantinya ada 10 startup terpilih untuk mendapatkan dukungan teknologi dari WGSHub.

Baca juga: Cara Startup Menolak Tumbang dari Badai Krisis

Akan ada pendanaan hingga Rp2 miliar untuk program DNA tersebut. Pendaftaran dibuka pada 01-15 September 2022 dengan kriteria startup harus berbentuk PT, sudah beroperasi minimal 3-6 bulan, founder memiliki visi dan dapat komitmen fulltime menjalankan bisnis.

Edwin Pramana, Direktur Utama WGSH, mengatakan sebagai venture builder pihaknya memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam membuat MVP ataupun final product. Setelah startup mengikuti delapan materi Tech Bootcamp, untuk membuat MVP hingga final product yang sesuai dengan visi awal serta User Experience (UX) / User Interface (UI) yang dapat diterima oleh konsumen.

Menurut Edwin, Digital Hub merupakan inovasi Sinar Mas Land di era teknologi untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan kawasan strategis yang memiliki infrastruktur teknologi yang memiliki fasilitas lengkap di BSD City. Dibangun sejak tahun 2016 yang lalu, Sinar Mas Land mendedikasikan kawasan seluas 25,86 hektare ini sebagai silicon valley Indonesia.

Kawasan tersebut disiapkan untuk menunjang aktivitas keseharian perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. Hingga saat ini, Digital Hub telah menjadi rumah bagi sejumlah perusahaan teknologi unggulan dari dalam hingga luar negeri, seperti Traveloka, SIRCLO, Apple Developer Academy, AWS Academy, Techpolitan, NTT, JUNIPER Networks, hingga Bizzy.

Sementara itu, Chief Digital Tech Ecosystem & Development-Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, Sinar Mas Land mengembangkan Digital Hub lebih dari sekedar kawasan. Mereka juga merangkul ekosistem, khususnya pegiat startup. Melalui DNA, pihaknya memperkaya program inkubasi dan akselerasi karena tidak semua startup memiliki kapasitas ataupun kapabilitas tim teknikal untuk dapat mengembangkan produk lebih jauh terutama untuk early-stage.

“Padahal tahap ini membutuhkan adanya pendampingan yang baik di sisi teknologi, operasional, ataupun bisnis model. Kami harap dengan dukungan WGSHub di tahap ini, DNA bisa melayani makin banyak startup sehingga siap berkompetisi untuk melayani masyarakat,” jelas Irawan, dikutip Rabu (24/8/2022).

Baca juga: Cucu Kelima Jokowi Berjenis Kelamin Laki-Laki

Menurut Irawan, alasan menggandeng WGSHub, karena memiliki pengalaman dalam melayani perusahaan digital baik dalam dan luar negeri. WGSHub saat ini adalah emiten venture builder terdepan di Indonesia. Tak hanya memiliki ekosistem teknologi, WGSHub pun sudah melengkapi diri dengan membangun ekosistem finansial yang mumpuni untuk melakukan akselerasi startup.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2119 seconds (11.97#12.26)