Utang Pemerintah Makin Numpuk, Sri Mulyani: Masih Aman!

Selasa, 25 Agustus 2020 - 23:33 WIB
loading...
Utang Pemerintah Makin Numpuk, Sri Mulyani: Masih Aman!
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan kondisi utang masih dalam kondisi aman. Hal itu memanggapi terkait sorotan DPR bahwa utang pemerintah terus naik sejak akhir 2019 lalu.

Sebagai informasi, utang pemerintah sampai dengan akhir Desember 2019 mencapai Rp 4.779 triliun. Dengan total utang pemerintah itu, maka rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) menjadi 29,8%.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjamin terus menerapkan prinsip kehati-hatian agar rasio utang terjaga dalam batasan yang aman. "Pemerintah sependapat pengelolaan utang harus dilakukan dengan hati-hati. Tentu kehati-hatian pemerintah tercermin dari kebijakan pembiayaan untuk mengendalikan rasio utang dalam batas aman," ujar Sri Mulyani, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (25/8/2020).



Dia melanjutkan rasio utang Indonesia belum tembus dari PDB. Adapun,rasio utang Indonesia masih tidak terlalu besar. "Secara lebih luas kehati-hatian pengelolaan utang dan fiskal terus dijaga karena indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan batasan yang ketat dalam hal defisit anggaran dan utang terhadap GDB sebagimana tertuang dalam ketentuan peraturan perudang-undangan," imbuhnya.



Dia menambahkan pengelolaan defisit dan utang sangat serius dan bersungguh-sungguh ditangani oleh pemerintah. Adapun, utang ini telah disepakati bersama dengan DPR dalam APBN 2019. "Pemerintah memperhatikan unsur tepat sasaran sesuai target sasaran yang dilaksanakan," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)