9 Miliarder Baru Berkat AI, Paling Tajir Hartanya Tembus Rp106,9 triliun

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 11:37 WIB
loading...
A A A
Notion yang saat ini menjadi sangat menguntungkan usai memakai AI. Nilai perusahaan mencapai sekitar USD5 miliar dari transaksi pasar sekunder dengan perkiraan pendapatan USD250 juta.

5. Brett Adcock

9 Miliarder Baru Berkat AI, Paling Tajir Hartanya Tembus Rp106,9 triliun

Kekayaan Bersih: USD1,4 miliar
Sumber Kekayaan: Robots
Negara: AS

Figure, yang didirikan Adcock pada tahun 2022, sedang berupaya dengan dukungan AI untuk menghidupkan "humanoid menjadi lebih luas" dan memasukkan robot ke dalam angkatan kerja. Pada bulan Februari, perusahaan mengumpulkan USD675 juta dari investor papan atas termasuk Jeff Bezos, Microsoft, Nvidia dan OpenAI, dengan valuasi USD2,6 miliar. Adcock, (37 tahun) memiliki sekitar 50% saham.

6. Lisa Su

9 Miliarder Baru Berkat AI, Paling Tajir Hartanya Tembus Rp106,9 triliun

Kekayaan bersih: USD1,3 miliar
Sumber Kekayaan: Semikonduktor
Negara: AS

Saham Advanced Micro Devices telah melonjak lebih dari 60 kali lipat sejak Su mengambil kendali pada tahun 2014 dan mengubah perusahaan semikonduktor yang sedang berjuang menjadi fokus ke AI.

Putri seorang matematikawan dan pemegang buku yang berubah menjadi pengusaha, Su lahir di Taiwan dan berimigrasi ke New York City pada usia 3 tahun. Dia belajar teknik elektro di MIT karena tampaknya itu adalah jurusan yang paling sulit.

7. Michelle Zatlyn

9 Miliarder Baru Berkat AI, Paling Tajir Hartanya Tembus Rp106,9 triliun

Kekayaan Bersih: USD1,2 miliar
Sumber Kekayaan: Keamanan Siber
Negara: Kanada

Cloudflare Zatlyn memakai AI untuk melindungi pelanggannya dan menggagalkan serangan siber. Perusahaan yang berbasis di San Francisco ini juga menyediakan ruang di cloud bagi pengembang untuk membangun model AI mereka sendiri.

Berasal dari Kanada, Zatlyn belajar kimia di Universitas McGill Montreal dan sempat bekerja di Google dan Toshiba sebelum mendirikan Cloudflare pada tahun 2009 dengan teman sekelasnya di Harvard Business School, Matthew Prince, yang merupakan CEO dan juga seorang miliarder. COO Zatlyn memiliki sekitar 2% saham perusahaan, yang telah melonjak 65% sejak tahun lalu.

8. Sam Altman

9 Miliarder Baru Berkat AI, Paling Tajir Hartanya Tembus Rp106,9 triliun

Kekayaan bersih: USD1 miliar (Rp15,5 triliun)
Sumber Kekayaan: Investasi
Negara: AS

Ledakan AI dimulai sejak peluncuran ChatGPT pada tahun 2022, akan tetapi CEO OpenAI tidak memiliki ekuitas di perusahaan tersebut, yang diperkirakan bernilai lebih dari USD80 miliar.

Sebaliknya pria berusia 38 tahun yang secara dramatis dipecat dan dipekerjakan kembali oleh OpenAI pada November lalu, mengumpulkan kekayaan dari investasi yang dia lakukan sebagai presiden inkubator startup Y Combinator dari tahun 2014 hingga 2019. Ia menaruh investasi awal pada Stripe, lalu kemudian ke Reddit dan startup fusi nuklir Helion.

9. Harvey Jones

Kekayaan bersih: USD1 miliar
Sumber Kekayaan: Nvidia
Negara: AS

Seorang investor dan pengusaha teknologi yang sudah lama berkecimpung di sektor ini, Jones adalah anggota dewan pendiri Nvidia dan memiliki 0,03% sahamnya. Hal itu cukup untuk menjadikannya salah satu penerima manfaat terbesar dari ledakan 300% saham Nvidia sejak tahun lalu yang didorong oleh AI.
(akr)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)