alexametrics

Gubernur BI Optimis Kinerja Industri Pengolahan Triwulan IV Akan Meningkat

loading...
Gubernur BI Optimis Kinerja Industri Pengolahan Triwulan IV Akan Meningkat
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, sektor industri masih akan tumbuh meningkat seiring dengan seluruh sektor industri yang terus digenjot. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, sektor industri masih akan tumbuh meningkat seiring dengan seluruh sektor industri yang terus digenjot oleh pemerintah. Hal ini menanggapi Prompt Manufacturing Index (PMI) BI sebesar 52,04% pada triwulan III-2019 atau sedikit lebih rendah daripada 52,66% pada triwulan II-2019.

"Kesimpulan pengolahan masih ekspansi dan naik. Tapi kenaikannya lebih rendah dari triwulan II. Seluruh sektor, fase ekspansi dan meskipun sub makanan dan Sembako dan tekstil kulit, ekspansi lebih rendah dari triwulan kedua," jelas Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Lebih lanjut Ia mengaku, optimistis kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan IV-2019 akan meningkat meskipun tidak terlalu tinggi. "Ke depannya, dari pengolahan manufaktur industri juga menunjukkan bahwa mengalami pola ekspansi, di triwulan keempat masih ekspansi, tapi tingkatnya lebih rendah dari triwulan ketiga," jelasnya.



Sebahgai informasi, ekspansi terjadi pada hampir seluruh sub sektor, namun terpantau adanya perlambatan pada sub sektor Makanan, Minuman dan Tembakau serta Tekstil. Ditambah sub sektor barang yang berasal dari Kulit serta Alas Kaki.

Di sisi lain, kontraksi yang terjadi pada Barang Kayu dan Hasil Hutan Lainnya sejak triwulan lalu terlihat masih berlanjut pada triwulan III-2019,
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak