Tulisan Terakhir Faisal Basri: Rumah Indonesia, Rumah Kita

Kamis, 05 September 2024 - 07:48 WIB
loading...
Tulisan Terakhir Faisal...
Faisal Basri sebelum meninggal dunia hari ini, Kamis (5/9/2024) sempat mempublish tulisan terakhirnya sebelum tutup usia berjudul Rumah Indonesia, Rumah Kita. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Faisal Basri merupakan seorang akademisi yang lebih dikenal sebagai ekonom dan politikus nasional. Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) ini juga peneliti pada Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEUI, dan pendiri Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Lahir di Bandung pada 6 November 1959, Faisal Basri yang berdarah Batak Mandailing ini meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Lalu dilanjutkan meraih gelar Master of Arts bidang Ekonomi dari Vanderbilt University, Amerika Serikat.



Selain sebagai dosen FEUI, Faisal pernah menduduki sejumlah posisi penting di kampus, di antaranya sebagai Ketua Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan FEUI (1995-1998), peneliti dan Direktur LPEM FEUI (1993–1995), dan Sekretaris Program Pusat Universitas bidang Ekonomi, UI (1991-1998).

Di luar kampus, keponakan dari Wakil Presiden RI Adam Malik ini juga mengajar di sejumlah perguruan tinggi, dan banyak beraktivitas terkait bidang ekonomi, yakni sebagai Ketua STIE Perbanas (1999-2003), salah satu pendiri INDEF (1995-2000), Anggota Tim Asistensi Ekuin Presiden RI tahun 2000.



Faisal Basri mengajar sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) hingga kini. Mata kuliah yang diajarnya, yaitu bidang Ekonomi Politik, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pembangunan, dan Sejarah Pemikiran Ekonomi.

Selain itu, Faisal juga mengajar di Program Magister Akuntansi (MAKSI), Program Magister Manajemen (MM), Program Magister Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (PNPM), dan Program Pascasarjana Universitas Indonesia (1988-sekarang).

Tak hanya itu, Faisal juga sebagai pengajar pada Program Extention FEUI untuk mata kuliah Perekonomian Indonesia, Metode Penelitian, Teori Makroekonomi, Ekonomi Internasional, dan Organisasi Industri.

Selain mengajar, Faisal Basri aktif menulis melalui webnya https://faisalbasri.com. Tulisan terakhir pria berusia 65 tahun yang meninggal dunia hari ini, Kamis (5/9/2024) yakni berjudul 'Rumah Indonesia, Rumah Kita'.

Berikut isi lengkap tulisan yang dipublih di faisalbasri.com pada 18 Agustus 2024, lalu.


Rumah Indonesia, Rumah Kita
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)