alexametrics

Festival Hari Asuransi, Upaya Meningkatkan Penetrasi dan Literasi

loading...
Festival Hari Asuransi, Upaya Meningkatkan Penetrasi dan Literasi
Penari Bali mementaskan Tari Pendet di Festival Hari Asuransi 2019 di Lapangan Nitimandala Renon Denpasar, Bali, Minggu (20/10). Foto/SINDOnews
A+ A-
DENPASAR - Festival Hari Asuransi 2019 di Denpasar, Bali, Minggu (20/10/2019). Even tersebut bertujuan menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya berasuransi.

"Melalui festival ini, kami ingin menyampaikan pesan bahwa asuransi merupakan salah satu bentuk investasi penting yang akan sangat diperlukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan pada saat terjadinya kerugian risiko atau musibah" kata Ketua Panitia Hari Asuransi 2019 Fachri Adnan.

Menurut dia, rendahnya partisipasi berasuransi lebih banyak di level individu. Untuk di tingkat korporasi, tingkat keikutsertaan sudah cukup tinggi.



Karena itu, tema yang dipilih dalam festival adalah "Mari Berasuransi". "Poin yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat, asuransi itu pelindung dari berbagail risiko di masa depan yang dapat mengancam dampak perencanaan keuangan yang ditimbulkan," ujar Fachri.

Dia berharap even ini bisa menaikkan angka penetrasi, yang menurut catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih tergolong rendah, yaitu 3,01%. "Kita tidak muluk-muluk lah. Bisa naik dua kali lipat menjadi 6% sudah lumayan," imbuhnya.

Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ahmad Nasrullah mengatakan, tingkat pertumbuhan industri asuransi di Indonesia menunjukkan hasil yang positif dari tahun ke tahun, yakni sebesar 4%.

Menurut Nasrullah, kegiatan ini bisa membantu ogram pemerintah yang mencanangkan target keuangan inklusif dengan persentase jumlah penduduk dewasa yang memiliki akses layanan keuangan pada lembaga keuangan formal sebanyak 75% pada akhir 2019.

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia, Dadang Sukresna, mengatakan peringatan Hari Asuransi telah memasuki tahun ke-14. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan kegiatan yang sebelumnya dikenal dengan Insurance Day, mulai tahun ini berubah nama menjadi Hari Asuransi agar dapat lebih mudah diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Event yang digelar di Lapangan Nitimandala Renon Denpasar itu menampilkan berbagai kegiatan, mulai fun walk, karnaval budaya, perlombaan hingga pertunjukan tari dan musik.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak