alexametrics

Jejak Karir Jerry Sambuaga, Wamen Muda di Kementerian Perdagangan

loading...
Jejak Karir Jerry Sambuaga, Wamen Muda di Kementerian Perdagangan
Pada hari ini Presiden Jokowi mengumumkan 12 nama wakil menteri dalam kabinet Indonesia Maju. Salah satunya adalah Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Pada hari ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan 12 nama wakil menteri dalam kabinet Indonesia Maju. Salah satunya adalah Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga asal Sulawesi Utara.

Jerry, kelahiran Jakarta pada tanggal 2 Juli 1985, melengkapi wakil menteri yang tergolong masih muda dalam kabinet ini. Putra dari Theo L. Sambuaga ini sebelumnya adalah anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyar Indonesia (DPR) periode 2014-2019 dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Ia menerima gelar pertamanya yaitu Bachelor of Arts in Politics dari University of San Fransisco pada tahun 2006. Kemudian, di tahun 2008, Jerry menerima gelar Master of International Affairs in International Security Policy dari Columbia University. Gelar Doktor Ilmu Politik yang ia peroleh di tahun 2016 menjadikannya Doktor Ilmu Politik termuda di Universitas Indonesia.



Selain menjadi politikus, ia pernah menjadi dosen Hubungan Internasional di beberapa kampus ternama, seperti Universitas Pelita Harapan, London School of Public Relations, Universitas Indonesia, Universitas Paramadina, dan Universitas Sam Ratulangi. Hingga saat ini, Jerry masih menjadi Kolumnis Harian Umum Suara Pembaruan dan Chairman The Zoom Strategist.

Disamping itu, ia juga pernah menjabat sebagai staf ahli Ketua DPD (2009-2016) dan DPR RI (2008-2009). Jerry juga pernah berprofesi sebagai seorang researcher di Sekretariat ASEAN (2007), Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB, New York, USA (2006), dan di Direktorat Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Departemen Luar Negeri Indonesia (2005).
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak