Harris Tuding Trump 'Jual AS' ke China selama Jadi Presiden

Rabu, 11 September 2024 - 15:00 WIB
loading...
Harris Tuding Trump...
Kamala Harris dan Donald Trump saling serang dalam debat Capres AS. FOTO/AP Photo
A A A
JAKARTA - Kamala Harris mengecam saingannya dalam pemilihan presiden, Donald Trump, karena tidak melindungi kepentingan Amerika terhadap China, dan mengecam pujiannya di depan umum terhadap pemimpin China, Xi Jinping selama pandemi global.

Di bawah kepresidenan Donald Trump, dia akhirnya menjual chip as ke China untuk membantu mereka meningkatkan dan memodernisasi militer mereka, kata Harris dalam debat yang disiarkan di televisi pada Selasa malam.

"Kebijakan mengenai China seharusnya memastikan bahwa AS memenangkan persaingan di abad ke-21," tambah Wakil Presiden Harris, mengklaim bahwa Trump 'menjual kita' selama masa jabatannya.

Baca Juga: Jelang Debat, Harris dan Trump Punya Strategi Berbeda

China telah menjadi target utama selama pemilu AS, dengan Trump bersumpah untuk memberlakukan tarif 60% dan pemerintahan Biden mengumumkan pungutan 100% untuk mobil listrik buatan China. Sejauh ini, Beijing telah menolak langkah apa pun yang dapat menjadi bumerang bagi negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini, dan tidak menjelaskan kandidat mana yang mereka sukai.

Sementara Trump menerapkan tarif lebih dari USD300 miliar barang-barang China sebagai presiden dan berusaha memblokir negara-negara untuk membeli peralatan Huawei Technologies Co. untuk jaringan 5G, sikap lawannya kurang diketahui setelah dia terlambat bergabung.

Debat tersebut memberi Harris kesempatan untuk menyempurnakan kebijakannya dalam komentar yang kemungkinan besar akan diawasi dengan ketat di Beijing. China adalah tema yang berulang dengan Harris yang menyindir Trump karena menunjukkan kekagumannya pada Xi, yang secara terbuka disebut Presiden Joe Biden sebagai diktator.

"Dia sebenarnya berterima kasih kepada Presiden Xi atas apa yang telah dilakukannya selama Covid. Lihatlah tweet-nya - 'Terima kasih, Presiden Xi. Tanda seru,'” kata Harris. “Kita tahu bahwa Xi bertanggung jawab karena kurang dan tidak memberikan transparansi kepada kita tentang asal-usul Covid.”

Baca Juga: Eks Dubes: Berbahaya bagi AS untuk Perang yang Tak Dideklarasikan dengan Rusia

Trump memuji negara dengan perekonomian nomor dua di dunia tersebut atas upaya dan transparansi dalam mengatasi virus pada 25 Januari 2020, pada awal pandemi ketika perang dagang mulai mereda. "Semuanya akan berjalan dengan baik," tulisnya, berterima kasih kepada Xi atas nama rakyat Amerika.

Kebijakan perdagangan juga menjadi topik pembicaraan lainnya. Calon presiden dari Partai Republik ini mengindikasikan lagi bahwa ia akan menaikkan tarif lebih lanjut terhadap China jika terpilih pada November, sebuah kebijakan yang dikritik oleh Harris sebagai kebijakan yang buruk bagi konsumen Amerika. Federal Reserve telah berusaha untuk mendinginkan inflasi AS, sebuah upaya yang dapat menghambat akses terhadap barang-barang murah dari China.

Melansir Bloomberg dari Yahoo, Trump membela catatannya, mengklaim bahwa Biden telah mempertahankan pembatasannya terhadap China karena mereka menghasilkan terlalu banyak pendapatan untuk dilepaskan. Dia juga berjanji untuk menindak perusahaan-perusahaan China yang menurutnya membangun pabrik mobil di Meksiko untuk menghindari tarif dan membanjiri pasar AS.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)