China Kuasai Harta Karun Super Langka Dunia, AS dan Sekutu Tak Terima

Minggu, 22 September 2024 - 08:22 WIB
loading...
China Kuasai Harta Karun...
Upaya Amerika untuk melemahkan cengkeraman China terhadap pasokan global mineral tanah jarang belum membuahkan hasil. FOTO/SCMP
A A A
JAKARTA - Di sebuah ladang terpencil di dekat pabrik Dow Chemical Co, upaya Amerika untuk melemahkan cengkeraman China terhadap pasokan global mineral tanah jarang yang sangat penting bagi teknologi tinggi masih belum membuahkan hasil.

Bahkan ketika hal itu terjadi, dominasi China di pasar menguasai sekitar 70% produksi dunia dan lebih dari 90% penyulingan sehingga tujuan tersebut kemungkinan besar masih jauh dari jangkauan.

Pabrik di Texas, yang akan dibangun oleh Lynas Rare Earths Ltd. yang berbasis di Australia, merupakan sebagian kecil dari miliaran dolar dalam bentuk subsidi dan pinjaman yang dijanjikan untuk produksi dan pemurnian mineral di AS dan sekutu-sekutu utamanya.

Baca Juga: China Temukan Harta Karun Langka di Daerah Termiskin, Simpan Cadangan hingga 5 Juta Ton

Untuk lokasi seluas 149 acre atau 60 hektare, Lynas memenangkan lebih dari USD300 juta dalam kontrak Pentagon. Jika semua berjalan sesuai rencana, Lynas akan mengoperasikan pabrik untuk memproses tanah jarang di sana dalam dua tahun.

Namun, meskipun keamanan nasional merupakan pendorong utama program-program tersebut di AS dan di tempat lain, penurunan harga sejak tahun 2022 telah melemahkan alasan bisnis untuk proyek-proyek tersebut. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah upaya tersebut dapat berkembang menjadi rantai pasokan untuk menyaingi perusahaan-perusahaan China yang dilindungi oleh pemerintah mereka.

"Kondisi pasar saat ini telah menghancurkan sebagian besar proyek yang diharapkan dari beberapa tahun yang lalu," kata James Litinsky, CEO MP Materials Corp, yang memiliki satu-satunya tambang tanah jarang di AS dan sedang membangun pabrik untuk memproduksi magnet di Texas.

"Terlepas dari upaya dan investasi yang dilakukan oleh banyak pemerintah, kontrol Tiongkok atas sebagian besar rantai pasokan tetap ada," kata Litinsky.

Mereka mengklaim, logam-logam yang menjadi fokus AS dan sekutunya sebenarnya tidak langka tetapi jarang ada dalam konsentrasi yang cukup tinggi untuk membenarkan penambangan yang sering kali berbahaya bagi lingkungan. Logam-logam tersebut mencakup 17 elemen kimia yang memiliki sifat-sifat yang berguna untuk membuat produk elektronik mulai dari ponsel hingga jet tempur menjadi lebih efisien.

Menggarisbawahi peran dominannya di pasar, Beijing pada akhir tahun lalu mengumumkan pembatasan yang lebih ketat terhadap teknologi yang terkait dengan tanah jarang, yang bertujuan untuk mempersulit pengembangan industri ini di luar China.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0923 seconds (0.1#10.140)