China Kuasai Harta Karun Super Langka Dunia, AS dan Sekutu Tak Terima

Minggu, 22 September 2024 - 08:22 WIB
loading...
A A A
Asisten menteri pertahanan untuk kebijakan basis industri AS, Laura Taylor-Kale, berjanji pada awal tahun ini negara tersebut akan memiliki rantai pasokan tambang berkelanjutan yang mampu mendukung semua kebutuhan pertahanan AS pada tahun 2027. Dia mengatakan bahwa setelah proyek Lynas di Texas beroperasi, perusahaan tersebut akan memproduksi sekitar 25% dari pasokan oksida elemen tanah jarang dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, kemerosotan harga global telah didorong oleh peningkatan pasokan dari Tiongkok dan tempat lain, serta melemahnya ekonomi Tiongkok, yang berarti bahwa industri dalam negeri tidak dapat menyerap hasil produksi yang lebih tinggi.

Kementerian Sumber Daya Alam dan kementerian perindustrian China tidak menanggapi permintaan untuk menjelaskan alasan mereka menaikkan kuota pertambangan untuk tanah jarang pada tahun 2023 dan 2024, yang menurut para analis membantu menurunkan harga.

Pelajaran dari Jepang

Pengalaman serupa yang mengawali langkah Jepang untuk mengurangi ketergantungannya pada China untuk mendapatkan tanah jarang lebih dari satu dekade yang lalu. Hasilnya menunjukkan bahwa proyek-proyek ini memakan waktu lebih lama dan lebih mahal daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Tokyo berinvestasi di Lynas pada 2011 dengan nilai investasi sebesar USD250 juta setelah Beijing menghentikan pasokan untuk sementara waktu karena sengketa teritorial. Butuh waktu dua tahun sebelum produksi uji coba dimulai dan bahkan lebih lama lagi untuk meningkatkannya ke tingkat yang diperkirakan, menurut pernyataan perusahaan. Perusahaan ini baru menghasilkan keuntungan pada tahun 2018.

Baca Juga: Rusia Tak Inginkan Perang Atom, tapi Senjata Nuklirnya Siap Tempur Penuh

Dukungan dari perusahaan-perusahaan Jepang dan pemerintah yang membuat Lynas tetap bertahan, kata CEO Amanda Lacaze dalam sebuah wawancara;

"Jepang mendukung Lynas dengan memberikan sejumlah uang untuk modal dan investasi serta pengembangan aset kami, tetapi juga mendukung kami melalui periode harga yang sangat, sangat rendah."

"Jepang akhirnya mengurangi ketergantungannya pada pasokan tanah jarang dari China menjadi sekitar 60% dari 80%-90%," kata mantan Menteri Keamanan Ekonomi Takayuki Kobayashi dalam sebuah wawancara dilansir Yahoo Finance dari Bloomberg, Minggu (22/9/2024).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0874 seconds (0.1#10.140)