Aprindo Siap Amankan Pasokan dan Stabilitas Harga Bahan Pangan

Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:16 WIB
loading...
Aprindo Siap Amankan Pasokan dan Stabilitas Harga Bahan Pangan
Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey (Kanan) menerima piagam apresiasi dalam partisipasi stabilisasi harga pangan dari Mendag Agus Suparmanto. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto memberikan apresiasi kepada berbagai pihak antara lain, Polri yang diwakili Satgas Pangan dan para pelaku usaha bahan kebutuhan pokok, karena berhasil menjaga kelancaran pasokan dan stabilitas harga pangan selama pandemi Covid-19.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N Mandey memastikan pelaku usaha ritel memang sejak awal pendirian Aprindo 26 tahun lalu, berkomitmen kuat memprioritaskan empat aspek untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan bahan pangan pokok.

"Secara khusus Aprindo sedari awal berkomitmen untuk beberapa aspek yang diprioritaskan oleh pemerintah. Mulai dari ketersediaan pasokan, pengelolaan stok, kelancaran distribusi dan tentunya kestabilan harga," ujar Roy dalam keterangannya, Kamis (27/8/2020).

(Baca Juga: Pangan Aman Selama Pandemi, Wamendag Apresiasi Seluruh Stakeholder)

Aprindo, tambahnya, melibatkan koordinasi bersama jaringan perwakilan daerah nya (DPD/DPC) yang merupakan kekuatan para pelaku usaha ritel modern pada 34 provinsi dan berbagai kabupaten/kota di seluruh Indonesia, yang fokus pada bahan kebutuhan pokok dan aktif berkoordinasi dengan pemerintah baik pusat maupun daerah.

Dengan begitu ada jaminan pasokan bahan kebutuhan pokok dan semua aspek pendukungnya bisa tercapai sesuai target yang diharapkan pemerintah dan pelaku usaha ritel modern anggota Aprindo.

"Koordinasi intens kita lakukan. Baik dari pusat hingga ke daerah bersama jajaran Kemendag dan Dinas Perdagangan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Upaya ini yang akhirnya bisa membantu pemerintah menjaga ketahanan dan kestabilan harga bahan pangan pokok sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat juga," imbuh Roy.

Sementara, Mendag Agus Suparmanto saat menyerahkan penghargaan kepada Aprindo Selasa (25/8) lalu menegaskan harapannya agar sinergi antara pemerintah dengan Polri dan pelaku usaha dapat terus terjalin. Sehingga aktifitas perekonomian dapat dijalankan dengan lancar.

(Baca Juga: Kebutuhan Pangan Terjamin, Ini Berkat Pahlawan Pangan)

"Di era new normal, banyak hal yang harus disesuaikan dan diperbaharui pada era new normal dengan baik oleh pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat. Kenapa ini berjalan baik? Karena didukung oleh seluruh pihak, baik BUMN, pemerintah pusat dan daerah dan pelaku usaha. Termasuk Polri sebagai pengawal kelancaran dan keamanan distribusi," tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)