Perry Minta Perbankan Segera Turunkan Suku Bunga Kredit

Jum'at, 29 November 2019 - 05:35 WIB
Perry Minta Perbankan Segera Turunkan Suku Bunga Kredit
Perry Minta Perbankan Segera Turunkan Suku Bunga Kredit
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, meminta agar perbankan mulai menurunkan suku bunga kredit untuk mendorong pertumbuhan penyaluran kredit.

Menurutnya, saat ini penurunan suku bunga kredit perbankan masih terbatas. Padahal suku bunga acuan BI sudah menurun. Ia berharap dengan penurunan suku bunga kredit maka kredit perbankan bisa meningkat di tahun depan.

"Penurunan suku bunga kredit masih terbatas, dengan kebijakan moneter yang akomodatif, kami berharap perbankan cepat menurunkan suku bunga dan mendorong kredit," ujar Perry dalam Pertemuan Bank Indonesia di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Perry menuturkan, saat ini Bank Sentral sudah mengeluarkan kebijakam moneter untuk meningkatkam laju kredit. Salah satunya menurunkan suku bunga acuan BI sebesar 100 basis poin menjadi 5%.

"Giro wajib minimum turun dua kali, sebesar 100 basis poin menjadi 5,5%. Operasi moneter memastikan kecukupan likuiditas," tuturnya

Dia melanjutkan likuiditas yang cukup seharusnya bisa memberikan ruang bagi perbankan untuk menyalurkan kredit lebih banyak lagi ke masyarakat.

"Sudah saatnya perbankan meningkatkan kredit dan korporasi mendorong produksi dan investasi," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6113 seconds (0.1#10.140)