Milenial Diharap Dukung Pemulihan Ekonomi

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 07:49 WIB
loading...
Milenial Diharap Dukung Pemulihan Ekonomi
Commercial Business Group Head MNC Bank Guritno (kiri) menjelaskan perspektif perbankan pada sesi edukasi literasi di MNC College Summer Virtual Competition 2020 bertema Creativity Reinvented yang ditayangkan langsung RCTI+. Foto/dok MNC Bank
A A A
JAKARTA - Perekonomian Indonesia mulai bergeliat setelah Indonesia memasuki fase tatanan baru new normal. Salah satu langkah pemerintah sebagaimana diutarakan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto adalah memberikan dukungan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19.

Dalam menghadapi krisis multidimensi akibat pandemi Covid-19 ini, tidak hanya pemerintah, tetapi partisipasi aktif dari berbagai pihak juga dibutuhkan. Dalam hal ini kontribusi dari sektor pendidikan dan perbankan sangat penting untuk menghasilkan talenta muda yang dapat menjadi wirausahawan milenial sehingga turut membantu percepatan kebangkitan sektor UMKM. (Baca: Pesantren Ikut Berperan Percepat Pemulihan Ekonomi)

Karena itu, MNC College beserta MNC Bank menggelar Kompetisi MNC College Summer Virtual Competition 2020 bertema “Creativity Reinvented”.

Kegiatan yang digelar Rabu (26/8/2020) secara daring ini disiarkan langsung oleh RCTI+ sebagai media partner. Kegiatan diikuti mahasiswa dan mahasiswi yang berkompetisi dalam tim untuk menghasilkan contoh business planter baik, di samping juga kompetisi untuk menghasilkan learning video terbaik. Kompetisi juga diperkaya oleh sesi edukasi dari MNC Bank untuk menambah wawasan dari sisi industri perbankan.

Dalam sambutannya, Lu’lu’-ul Jannah dari MNC College selaku penanggung jawab kompetisi menjelaskan bahwa mahasiswa diharapkan menjadi pelopor generasi bangsa yang mampu mengatasi masalah ekonomi dan pendidikan sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian negara Indonesia secara kreatif. (Baca juga: Kapal Perang AS Sengaja Dibakar, Seorang Pelaut Jadi Tersangka)

Selanjutnya, Commercial Business Group Head MNC Bank Guritno berpartisipasi sebagai nara sumber dalam sesi edukasi dari MNC Bank bertajuk Business Planyang Baik dari Sisi Perbankan. Guritno mengingatkan dalam salah satu paparannya mengenai perbedaan business plan yang feasible dan yang bankable.

“Karakter adalah salah satu hal utama untuk mengetahui integritas dan iktikad baik dari calon debitur dalam menyelesaikan kewajibannya. Walau pun secara bisnis dan keuangan sangat feasible, jika tidak disertai dengan karakter yang baik, akan berisiko bagi bank,” ungkap Guritno.

Pada sesi final kompetisi, ditampilkan presentasi business plan dari satu tim terpilih yang dilanjutkan dengan presentasi learning video dari satu tim terpilih. Pemenang langsung diumumkan pada akhir kegiatan sebagai puncak acara. (Lihat videonya: Dua Kali Ditangkap Warga, Macan Tutul Jawa Kembali Dilepas Liarkan di Habitatnya)

Secara terpisah, Presiden Direktur MNC Bank Mahdan mengungkapkan bahwa MNC Bank senantiasa mendukung terciptanya lapangan usaha baru dengan memberikan edukasi literasi yang mumpuni. Hal tersebut dilakukan karena sejalan dengan program literasi keuangan yang digaungkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sekaligus untuk menciptakan nasabah-nasabah potensial ke depannya.

“Kami berharap upaya dan sinergi yang dilakukan antara dunia pendidikan dan perbankan ini dapat menumbuhkan pengusaha dari generasi muda yang andal sehingga fondasi ekonomi lokal semakin kuat dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” papar Mahdan. (Hafid Fuad)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)