Jika Perang Besar di Timur Tengah Pecah, Harga Minyak Bisa USD150 per Barel

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 13:41 WIB
loading...
Jika Perang Besar di...
Harga minyak diprediksi bisa meroket hingga USD150 per barel jika perang besar pecah di Timur tengah. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejak perang Israel-Palestina berkecamuk Oktober tahun lalu, gangguan terbatas kerap terjadi pada pasar minyak. Namun, harga minyak tetap tertekan akibat peningkatan produksi dari AS dan permintaan yang lesu dari China.

Akan tetapi, sentimen ini diprediksi dapat berubah minggu-minggu ini. Harga minyak mentah baru-baru ini mengalami kenaikan setelah Iran melancarkan serangan rudal balistik ke Israel, yang meningkatkan ketegangan di kawasan tersebut. Dalam beberapa hari terakhir, pengamat telah membunyikan alarm, memperingatkan adanya ancaman nyata terhadap pasokan.

Iran, yang merupakan anggota OPEC, merupakan pemain kunci di pasar minyak global. Negara ini memproduksi hampir 4 juta barel minyak per hari. Diperkirakan 4% dari pasokan dunia dapat terancam jika Israel melakukan tindakan balasan dan menargetkan infrastruktur minyak Iran.



Saul Kavonic, analis energi senior di MST Marquee, mengemukakan Pulau Kharg Iran, yang bertanggung jawab atas 90% ekspor minyak mentah negara itu, berpotensi menjadi target serangan balasan Israel.

"Apakah ini merupakan awal yang jauh lebih dekat dari konflik yang lebih luas yang dapat memengaruhi transit melalui Selat Hormuz," ujarnya, seperti dilansir CNBC, Jumat (4/10/2024).

Jika Israel menyerang industri minyak Iran, gangguan pasokan di Selat Hormuz menurutnya dapat menjadi perhatian. Iran sebelumnya mengancam akan mengganggu aliran melalui Selat Hormuz jika sektor minyaknya diserang.

Menurut Badan Informasi Energi AS, selat antara Oman dan Iran merupakan jalur penting yang dilalui sekitar seperlima dari produksi minyak harian dunia. Jalur air yang penting secara strategis ini menghubungkan produsen minyak mentah di Timur Tengah dengan pasar global utama.

Ketika ditanya oleh wartawan pada hari Kamis (3/10) apakah AS akan mendukung serangan Israel terhadap fasilitas minyak Iran, Presiden AS Joe Biden berkata: "Kami sedang membahasnya. Saya pikir itu akan sedikit – setidaknya begitu." Analis minyak menganggap pernyataan tersebut merupakan katalis yang menaikkan harga.

"Jika terjadi perang skala penuh, harga Brent kemungkinan akan melambung di atas USD100 per barel, dengan potensi penutupan selat yang mengancam harga menjadi USD150 per barel atau lebih," tulis BMI dari Fitch Solutions dalam catatan yang diterbitkan Rabu.

Meskipun kemungkinan terjadinya perang skala penuh tetap "relatif rendah," risiko salah langkah oleh kedua belah pihak kini meningkat, kata analis BMI.



Meskipun beberapa analis industri percaya bahwa OPEC+ memiliki kapasitas cadangan yang cukup untuk mengimbangi gangguan ekspor Iran jika Israel menargetkan infrastruktur minyaknya, kapasitas cadangan minyak dunia sebagian besar masih terkonsentrasi di Timur Tengah, terutama di antara negara-negara Teluk, yang dapat berisiko jika konflik yang lebih besar memburuk.

Sementara itu, harga minyak masih melanjutkan tren kenaikan akibat dampak konflik Timur Tengah saat ini. Mengutip Reuters, harga minyak mentah jenis Brent naik 9 sen, atau 0,12%, menjadi USD77,71 per barel. Sementara, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 8 sen, atau 0,11%, menjadi USD73,79 per barel.

Goldman Sachs memprediksi, harga minyak bisa melonjak USD20 per barel jika Israel jadi melancarkan serangan balasan ke Iran. "Jika Anda melihat penurunan produksi Iran sebesar 1 juta barel per hari, Anda akan melihat peningkatan puncak harga minyak tahun depan sekitar USD20 per barel," kata Daan Struyven, salah satu kepala penelitian komoditas global Goldman Sachs.

Proyeksi harga itu menurutnya dengan asumsi bahwa OPEC+ menahan diri untuk tidak menanggapi dengan meningkatkan produksi. Namun, jika anggota utama OPEC+ seperti Arab Saudi dan UEA mengimbangi penurunan tersebut, menurut dia pasar minyak hanya akan melihat peningkatan harga yang lebih kecil, sedikit kurang dari USD10 per barel.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)