Inovasi Tanpa Batas di AllPack dan AllPrint Indonesia 2024, Tarik Minat 50 Ribu Pengunjung

Rabu, 09 Oktober 2024 - 15:33 WIB
loading...
Inovasi Tanpa Batas...
Foto: Doc. Istimewa
A A A
JAKARTA - Pameran AllPack dan AllPrint Indonesia 2024 kembali diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. Acara tersebut berlangsung pada 9 hingga 12 Oktober 2024.

AllPack Indonesia ini merupakan pameran bagi industri pengolahan dan pengemasan, sedangkan AllPrint Indonesia adalah pameran berbagai teknologi pencetakan. Adapun, acara ini diselenggarakan Krista Exhibitions dengan menggandeng Kementerian hingga Asosiasi Pengusaha dan Industri.

Chief Executive Officer Krista Exhibitions, Daud D Salim mengatakan, pameran ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 diselenggarakan sebagai bagian dari upaya strategis untuk mendukung dan memajukan industri pengemasan serta percetakan di Indonesia dengan berbagai macam inovasi teknologi di dalamnya.

Pada tahun ini, pameran mencatatkan peningkatan signifikan dalam jumlah peserta dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dimanapada event kali ini dihadiri 1.500 perusahaan dalam dan luar negeri dan menargetkan 50 ribu pengunjung selama beberapa hari acara.

Adanya kenaikan ini pun ditandai dengan penambahan Hall F, yang bertujuan memberikan ruang lebih luas untuk menampung berbagai inovasi serta menciptakan lebih banyak peluang bisnis di ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia.

“Pameran International AllPack Indonesia yang sudah diadakan khusus All Pack 23 kali, dan All Print ke 25 kali. Pameran ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu peningkatan sebesar 25 persen diikuti sekitar 1.500 perusahaan dari 30 negara," papar Daud di JIExpo, Jakarta, Rabu (9/10/2024) siang.

Daud menambahkan mereka juga menampilkan teknologi processing untuk makanan dan minuman, industri kosmetika, industri farmasi, dan juga industri lainnya yang memerlukan teknologi pengolahan pengemasan maupun otomatisasi di dalam peningkatan kualitas inovasi produk yang dilakukan," sambungnya.

Daud melanjutkan, acara AllPack dan AllPrint juga terdapat seminar dan panel diskusi, Networking Business bersama supplier maupun para buyer. Ia melanjutkan, pameran ini ditargetkan mampu mendatangkan pengunjung sebanyak 50 ribu orang.

“Target pengunjung kami diharapkan 50 ribu lebih selama 4 hari penyelenggaraan pameran," tukasnya.

"Pameran ini tidak hanya berfungsi sebagai ajang untuk menampilkan beragam inovasi produk, tetapi juga sebagai platform kolaborasi yang mendorong pertukaran ide serta business matching yang efektif sepanjang empat hari penyelenggaraan," ungkap Daud.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika menyambut positit kedua pameran tersebut. Menurut Putu, ini merupakan momentum bagi pelaku industri kertas dan kemasan untuk memperkenalkan produk di pasar global dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setingginya kepada PT Krista Media Pratama sebagai penyelenggara dari pameran The 23rd All Pack Indonesia dan The 25th All Print Indonesia," ujarnya.

Putu Juli Ardika menuturkan bahwa dalam industri manufaktur, aspek packaging menjadi suatu yang sangat strategis dan sangat krusial. Sehingga acara ini diharapkan dapat memperbaharui teknologi untuk industri kemasan dan percetakan, serta menyesuaikan perkembangan dari tren konsumen.

“Dukungan kemenperin yang pertama melakukan business matching sehingga para pengguna dan produsen baik untuk kertas, atau peralatan dan juga bahan packaging ini kita pertemukan semuanya. Kita sudah mampu untuk mengurangi impor packaging, ini karena ada business matching yang membutuhkan dengan provider," papar Putu Juli.

Pada pameran ALLPack dan ALLPrint Indonesia 2024 tidak hanya menampilkan kegiatan pameran saja namun terdapat kegiatan dan program menarik lainnya yang tak kalah seru selama 4 hari ke depan, seperti Seminar dan talkshow.

Tidak hanya seminar dan talkshow, pameran ini juga menawarkan aktivitas business matching yang dirancang secara khusus untuk membantu para pembeli terhubung dengan peserta pameran di bidang industri pengemasan dan percetakan.

Melalui proses yang terstruktur dan sistematis, para pembeli dapat menemukan mitra yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis mereka. Dengan demikian, aktivitas ini tidak hanya memfasilitasi koneksi, tetapi juga menciptakan peluang untuk membangun kemitraan bisnis yang sukses dan berkelanjutan.

Kesuksesan AllPack Indonesia dan AllPrint Indonesia 2024 tidak lepas dari dukungan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Serta tentunya dukungan dari Indonesia Packaging Federation (IPF), Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI), Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Asosiasi Kotak Karton Gelombang Indonesia (AKKGI), Gabungan Industri Aneka Tenun Plastik Indonesia (GIATPI), dan Asosiasi lainnya.

Pameran ALLPrint Indonesia 2024 diselenggarakan bersamaan dengan pameran World of Paper Tissue, Textile Printing, Print For Pack, Indo Sign & AD, Inter Corrugated, Pro Label Asia. Pameran ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 diikuti oleh lebih dari 1.500 perusahaan yang berasal dari 30 negara, di antaranya adalah Australia, Austria, Belgium, Canada, China, France, Germany, Greece, Hongkong, India, Indonesia, Italy, Japan, Kazakhstan, Malaysia, Pakistan, Poland, Singapore, South Korea, Spain, Switzerland, Taiwan, Thailand, Turkiye, United Kingdom, USA, Vietnam, Bavaria, Netherland dan Denmark.
(tar)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)