alexametrics

Bandara Kediri Ditargetkan Mulai Pembangunan April 2020

loading...
Bandara Kediri Ditargetkan Mulai Pembangunan April 2020
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya mendorong agar groundbreaking pembangunan Bandara Kediri ditargetkan pada April 2020. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya mendorong agar groundbreaking pembangunan Bandara Kediri ditargetkan pada April 2020. Dimana pembangunan tahap I akan selesai dalam dua tahun mendatang yaitu pada April 2022.

“Kita berbahagia karena dalam rapat yang dipimpin Menseskab, kita sudah sepakat bahwa bulan April 2020 akan dilakukan Groundbreaking,” ungkap Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta.

Lebih lanjut Ia memberikan waktu selama dua tahun yang menurutnya cukup untuk menyelesaikan pembangunan tahap I. Hal ini mengingat Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo selesai dibangun dalam waktu 18-19 bulan atau sekitar 1,5 tahun.



Menhub Budi menambahkan, persyaratan teknis pembangunan Bandara Kediri telah diselesaikan. Sementara ketersedian lahan untuk akses dari dan menuju Bandara dan untuk drainase Bandara Kediri telah dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR dan pemerintah daerah.

"Untuk drainase dan akses dari dan menuju bandara sedikit lagi kita selesaikan dalam waktu dekat konsinyasi lahan sekitar 1,5 hektar," ujar Menhub.

Sementara itu Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto menjelaskan, progress pembebasan lahan sudah 98,4% selesai. Ia berharap, Pemda bisa cepat menyelesaikannya agar Groundbreaking pembangunan Bandara Kediri dapat dilakukan pada April 2020.

Novie mengatakan Bandara Kediri akan difungsikan sebagai bandara pengumpan di jalur selatan Jawa. Sementara untuk Bandara Hub di Jawa Timur adalah di Bandara Juanda Surabaya.

"Jalur selatan Jawa seperti diketahui sangat berkembang ada Bandara Kertajati Jawa Barat, Bandara Jenderal Sudirman di Purbalingga Jawa Tengah, Bandara Wiradinata Tasikmalaya, Jawa Barat. Bandara Kediri ini menjadi jalur tersendiri untuk melayani Jawa Selatan yang padat sekali," jelas Novie.

Menurutnya Bandara Kediri akan melayani masyarakat di 6 Kabupaten di Jawa Timur yaitu Madiun, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Kediri, dengan penduduk sekitar 10 juta jiwa.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak