alexametrics

Chatib Basri Resmi Jabat Komut Bank Mandiri, Direksi Ikut Dirombak

loading...
Chatib Basri Resmi Jabat Komut Bank Mandiri, Direksi Ikut Dirombak
PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mendapat giliran merombak jajaran direksi dan komisaris, dalam (RUPST) yang digelar hari ini. Dimana Chatib Basri resmi ditunjuk menjadi komisaris utama. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mendapat giliran merombak jajaran direksi dan komisaris, setelah sebelumnya bank pelat merah lainnya telah lebih dulu melakukannya. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini, Chatib Basri resmi ditunjuk menjadi komisaris utama.

Chatib yang merupakan mantan Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menggantikan posisi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo. Sebelumnya Tiko, sapaan akrab Kartika, ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Selain itu Bank Mandiri juga menunjuk Direktur Bisnis dan Jaringan baru melalui RUPST hari ini. Berdasarkan keputusan RUPST tersebut, para pemegang saham memutuskan untuk mengganti beberapa anggota jajaran direksi dan komisaris perseroan.



"Dalam RUPST, pemegang saham mengangkat Hery Gunardi menjadi Wakil Direktur Utama menggantikan Sulaiman Arif Arianto yang telah habis masa jabatannya," ungkap Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar dalam konferensi pers di Plaza Mandiri Jakarta, Rabu (19/2/2020).

(Baca Juga: Gelar RUPST, Bank Mandiri Sebar Dividen Rp16,49 Triliun)

Selain itu, para pemegang saham juga mengangkat Aquarius Rudianto sebagai Direktur Bisnis dan Jaringan. "RUPST menyepakati penunjukan M. Chatib Basri sebagai Komisaris Utama menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang menjadi Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia," terang Royke.

Selain itu, para pemegang saham juga setuju mengangkat Andrinof Chaniago, Nawal Nely, Faried Utomo, Arif Budimanta, Boedi Armanto, dan Loeke Larasati Agoestina dalam jajaran Dewan Komisaris Perseroan.

"Keputusan pergantian susunan pengurus perusahaan oleh para pemegang saham ini merupakan salah satu inisiatif strategis yang diperlukan berdasarkan pertimbangan efektivitas dan efisiensi," tutur Royke.

Lanjut dia menerangkan, disamping untuk menjawab tantangan industri perbankan, keputusan pemegang saham ini diharapkan akan semakin membawa Bank Mandiri menjadi bank BUMN yang mampu memainkan peran sebagai agen perubahan dan agen pencipta nilai untuk masa depan Indonesia yang lebih baik

Berdasarkan hasil RUPST, berikut adalah daftar jajaran Dewan Direksi dan Komisaris Bank Mandiri per Februari 2020:

Dewan Komisaris
-Komisaris Utama: M Charib Basri
-Wakil Komisaris Utama: Andrinof A Chaniago
-Komisaris: Ardan Adiperdana
-Komisaris: Rionald Silaban
-Komisaris Independen: Mohamad Nasir
-Komisaris: Nawal Nely
-Komisaris Faried Utomo
-Komisaris: Arif Budimanta
-Komisaris Independen: Boedi Armanto
-Komisaris Independen: Loeke Larasati A.

Dewan Direksi
-Direktur Utama: Royke Tumilaar
-Wakil Direktur Utama: Hery Gunardi
-Direktur Manajemen Risiko: Ahmad Siddik Badruddin
-Direktur Information Technology: Rico Usthavia Frans
-Direktur Treasury, International Banking & SAM: Darmawan Junaidi
-Direktur Corporate Banking: Alexandra Askandar
-Direktur Kepatuhan dan SDM: Agus Dwi Handaya
-Direktur Hubungan Kelembagaan: Donsuwan Simatupang
-Direktur Commercial Banking: Riduan
-Direktur Keuangan dan Strategi: Silvano Winston Rumantir
-Direktur Operations: Panji Irawan
-Direktur Bisnis dan Jaringan: Aquarius Rudianto
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak