alexametrics

Sri Mulyani Bersiap Luncurkan Paket Stimulus Antivirus Corona

loading...
Sri Mulyani Bersiap Luncurkan Paket Stimulus Antivirus Corona
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah menyiapkan insentif untuk meredam efek negatif wabah virus corona (Covid-19) di dalam negeri. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah menyiapkan insentif untuk meredam efek negatif wabah virus corona (Covid-19) di dalam negeri. Nantinya stimulus tersebut akan masuk dalam paket kebijakan ekonomi yang di dalamnya bakal mengatur sektor mana saja layak mendapatkan insentif.

"Besok kita akan sidang kabinet dulu ya untuk menyampaikan kepada Bapak Presiden (Joko Widodo), tetapi kira-kira kerangkanya sudah lebih pasti dan ada angka-angka. Malam ini masih difinalkan oleh tim teknis," katanya usai rapat koordinasi di Kemenko Bidang Perekonomian, Senin (24/2/2020).

Sambung Sri Mulyani mengungkapkan, paket-paket stimulus disiapkan untuk hal-hal yang dianggap mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara cepat. Menurutnya, tujuan pemerintah saat ini tak lain untuk menyelamatkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2020 dari penyebaran virus Covid-19.



"Paket itu menyangkut hal-hal yang dianggap mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara lebih cepat, karena yang ingin kita selamatkan kalau kuartal I dampaknya sangat besar," paparnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut sektor pariwisata menjadi yang paling terdampak dari penyebaran wabah virus corona. "Terutama traffic tourism menurun, kunjungan itu berpengaruh pada restoran, hotel maka kita juga akan memfokuskan kepada daerah-daerah yang kena dampak langsung itu," paparnya.

Beberapa bocoran disebutkan, bahwa pemerintah akan memberikan insentif berupa diskon harga tiket pesawat terbang, khususnya untuk travel agent yang ada di masing-masing daerah. Selain itu, Kemenkeu juga menyiapkan stimulus di sektor perumahan agar mampu memberikan dampak yang besar (multiplier effects) di masyarakat.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak