Rasio Wirausaha di Indonesia Tertinggal Dibanding Negara Tetangga

Selasa, 08 September 2020 - 23:31 WIB
loading...
Rasio Wirausaha di Indonesia Tertinggal Dibanding Negara Tetangga
Rasio jumlah wirausahawan terhadap populasi Indonesia masih tertinggal dibandingkan sejumlah negara ASEAN lainnya. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Meski perekonomian Indonesia 99% digerakkan oleh usaha kecil, mikro dan ultra mikro, sayangnya rasio jumlah wirausahawan terhadap total populasi di Indonesia masih ketinggalan dibandingkan negara ASEAN lainnya.

(Baca Juga: Kemendikbud Kembangkan Spirit Kewirausahaan PT untuk Pemulihan Ekonomi)

"Singapura sudah 7%, Malaysia sudah 6%, Thailand sudah 5%, sedangkan Indonesia masih di bawah 3%," ungkap tokoh pengusaha nasional Sandiaga Uno dalam webinar bertajuk "Wirausaha sebagai Garda Terdepan untuk kebangkitan Ekonomi Indonesia" Selasa (8/9/2020).

Ia menjelaskan, rendahnya angka itu tercermin dalam nilai transaksi penjualan online atau e-commerce di Indonesia yang mencapai USD21 miliar, namun masih didominasi oleh transaksi impor. "Transaksi di e-commerce masih didominasi impor yang berasal dari China. Dengan kondisi ini, maka kita harus bangun dari tidur nyenyak kita," tegasnya.

(Baca Juga: Sandiaga Uno: Pebisnis Dituntut Jeli Melihat Perubahan Besar Cara Berdagang)

Untuk mengatasi hal itu, menurut Sandi, generasi muda perlu dapat sentuhan kewirausahaan agar transaksi perdagangan dalam negeri terisi oleh produk dalam negeri. "Ini merupakan solusi di tengah pandemi, untuk itu kita harus beli dan bangga produk buatan Indonesia. Hal ini juga bisa membuat ekonomi jadi lebih mandiri," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)