Agen Properti

Rabu, 09 September 2020 - 11:49 WIB
loading...
A A A
Dengan tingkat keprofesionalannya, tentu saja agen properti sudah memiliki pola dan langkah-langkah dalam kegiatan penjualan. Kemampuan ini tentu saja mampu menjadi strategi di dalam mencapai target, baik dari sisi waktu maupun harga yang ditawarkan.

Selain berbicara tentang kewajiban agen properti, sedikit akan diulas tentang hak yang harus diberikan oleh pemilik properti atas keberhasilan transaksi penjualan. Timbal jasa yang diperoleh oleh agen properti atas suksesnya transaksi disebut dengan komisi.

Dalam peraturan Menteri Perdagangan No 31/2017, komisi seorang agen properti dibayar setelah berhasilnya transaksi jual beli dengan jumlah sekecil-kecilnya 2% dan sebanyak banyaknya 5% dari nilai transaksi. Tentang waktu pembayaran komisi bisa diatur dan disepakati dalam perjanjian yang sudah ditandatangani terlebih dahulu. (Lihat videonya: Kesultanan Buton yang Tidak Pernah Dijajah Negara Eropa)

Pada kenyataannya, sering kali terjadi wanprestasi pada saat kewajiban pemilik properti untuk membayar komisi kepada agen. Masih di dalam peraturan Menteri Perdagangan No 31/2017, agen properti dapat menempuh jalur hukum apabila merasa dirugikan.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3958 seconds (0.1#10.140)