Habis Rugi Rp11 Triliun, Pertamina Ngebut Nyari Untung

Rabu, 09 September 2020 - 16:18 WIB
loading...
Habis Rugi Rp11 Triliun, Pertamina Ngebut Nyari Untung
Pertamina ngebut nyari untung. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT. Pertamina (Persero) memastikan telah melakukan berbagai perbaikan manajemen dan strategi bisnis agar kerugian yang didera pada semester I 2020 kurang lebih Rp11 triliun bisa dikompensasi dengan keuntungan usaha.

Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini, menjelaskan kerugian perusahaan murni karena kinerja bisnis terganggu akibat pandemi Covid-19. Kini, PT. Pertamina telah melakukan sembilan langkah strategis. Hasilnya, pada awal semester II 2020 kinerja Pertamina sudah menunjukkan hasil positif.

"Beberapa langkah strategis terus dilakukan. Sejak Maret, kita sudah efisiensi capex dan opex. Kita sudah melakukan pemotongan yang membuat kita survive," ujar Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini di Jakarta, Rabu (9/9/2020).



Emma menyebutkan, ada sembilan kebijakan agar Pertamina tidak semakin merugi, yakni pertama, memotong capex dan opexsetara dengan USD4,7 miliar atau sekitar Rp70 triliun. Opex 30%, atau setara dengan USD3 miliar, efisiensi capex sebesar 23%, atau senilai USD1,7 miliar.

Kedua, menjaga produksi minyak dan gas untuk menekan impor. Ketiga, optimalisasi program Pertamina loyalty dan diskon untuk meningkatkan pendapatan. Keempat, Renegosiasi kontrak dengan mata uang asing untuk dibayar dengan rupiah juga dilakukan.
Kelima, efisiensi konsumsi energi dengan mengganti penggunaan refinery fuel dengan LNG. "Keenam, Menurunkan integrated port time untuk menurunkan beban pokok penjualan. Ketujuh, transformasi digital untuk SPBU dan centeralised procurement," ujar Emma.

Langkah kedelapan, inventory build up dengan manajemen time to buy pada saat harga minyak rendah. Adapun yang terakhir, alias nomor sembilan, Pertamina melakukan mitigasi risiko selisih kurs dan meningkatkan kinerja cash flow. Pada periode Februari hingga Mei 2020 memang menjadi masa-masa terberat Pertamina dengan volume demand yang menurun tajam akibat pandemi covid-19. Bahkan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penurunan demand di kota-kota besar mencapai lebih dari 50 persen.



Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman sebelumnya menyampaikan memasuki semester kedua 2020, kinerja operasional secara keseluruhan menunjukkan tren positif. Pada Juli 2020, Pertamina mencatat volume penjualan seluruh produk sebesar 6,9 juta kiloliter (kl) atau meningkat lima persen dibandingkan Juni 2020 yang 6,6 juta kl.

Adapun dari sisi nilai penjualan, pada Juli berada di kisaran USD3,2 miliar atau terjadi kenaikan sebesar sembilan persen dari bulan sebelumnya yang sebesar USD2,9 miliar. Seiring pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru dan pergerakan perekonomian nasional, tren penjualan Pertamina pun mulai merangkak naik. Dengan memperhatikan tren positif yang ada, Pertamina optimistis kinerja akan terus membaik sampai akhir 2020.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)