Nggak Perlu Nunggu Lama, Tahun Depan Transfer Kliring Bisa Realtime

Kamis, 10 September 2020 - 21:10 WIB
loading...
Nggak Perlu Nunggu Lama, Tahun Depan Transfer Kliring Bisa Realtime
Diganti fast payment tahun depan transfer kliring bisa realtime. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) segera mentransformasikan layanan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) menjadi BI Fast Payment pada 2021. Dengan sistem baru tersebut, maka saat itu juga duit transferan bisa langsung sampai atau real time. Saat ini, pembayaran menggunakan kliring atau Lalu Lintas Giro (LLG) cukup memakan waktu, prosesnya memerlukan waktu 2-3 hari kerja.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan terus melakukan proses kesiapam dan infrastruktur. Sehingga BI Fast Payment ini siap diluncurkan tahun depan. "Kami berharap tahun depan BI Fast bisa segera dijalankan," kata Perry dalam diskusi virtual, Kamis (10/9/2020).

!

Menurut dia BI Fast Payment sebagai salah satu upaya yang dilakukan otoritas untuk mengakselerasikan sistem pembayaran dengan teknologi digital. Nantina, akan berdampak positif karena transaksi akan lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan juga akan lebih murah.

"BI Fast Payment akan menggangikan SKNBI, BI Fast akan 24 jam 7 hari dan real time, hanya akan memerlukan wakti beberapa detik untuk akselerasi setelmen dan kliring dengan sistem pembyatan. Ini sebuah revolusi, reformasi dalam pembayaran digital," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)