Sri Mulyani Ungkap Nasib Kaum Hawa di Tengah Pandemi

Jum'at, 11 September 2020 - 09:55 WIB
loading...
Sri Mulyani Ungkap Nasib Kaum Hawa di Tengah Pandemi
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengakibatkan problema multidimensi, tidak hanya di bidang kesehatan tetapi juga non-kesehatan seperti sosial, ekonomi, dan keuangan. Tidak seperti krisis pada umumnya, permasalahan terkait dengan sektor keuangan atau perekonomian lebih diakibatkan pembatasan aktivitas guna menekan penyebaran virus.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pembatasan aktivitas tersebut, termasuk kegiatan sosial, membuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tidak dapat secara aktif melanjutkan kegiatan mereka. Padahal, UMKM sebenarnya adalah tulang punggung bagi perekonomian jika krisis terjadi. Lebih jauh lagi, kaum perempuan yang akan sangat merasakan dampak dari perlambatan bisnis UMKM. ( Baca juga:Kalau Rumah Sakit Penuh, Pasien Covid Bakal 'Nginap' di Hotel )

“Perempuan justru paling terpengaruh karena peran mereka yang signifikan pada sektor informal ataupun UMKM,” ungkap Sri dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (11/9/2020). ( Baca juga:DKI PSBB Lagi, Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta Kembali Diperketat )

Menurut Sri, prospek perekonomian masih sangat tidak menentu pada tahun 2021. Makanya, Indonesia mencoba merancang respons untuk Covid ini dengan segala dimensi yang terkait, tidak hanya gender tetapi juga tentang kemiskinan serta terkait kesetaraan gender.

"Perbaikan semua indikator yang terkait dengan partisipasi gender merupakan sesuatu yang harus didukung walaupun efektivitas kebijakan dan kemajuan masih menjadi tantangan,” jelas Sri.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)