DPR Ingatkan Agar Likuiditas Perbankan Perlu Dipantau

Selasa, 05 Mei 2020 - 08:29 WIB
loading...
A A A
Kebutuhan Ramadhan

Sementara itu, untuk menjaga likuiditas selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) telah menyiapkan uang tunai Rp37,2 triliun.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI A Solichin Lutfiyanto mengatakan, uang tunai yang disiapkan oleh BRI tahun ini lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp48,2 triliun. “Setiap tahun memang tren kebutuhan uang kas menjelang lebaran semakin menurun karena masyarakat sudah mulai beralih ke transaksi digital. Tapi untuk tahun ini, faktor lain yang memengaruhi penurunan tersebut adanya pandemi yang terjadi,” ujar Solichin.

Selain uang tunai, pihaknya juga memastikan kesiapan jaringan kantor dan e-channel. Sebanyak 236 kantor BRI di seluruh Indonesia telah disiagakan untuk memberikan layanan terbatas bagi masyarakat serta penebusan setoran BBM/non-BBM dari Pertamina dan Bulog. Selain itu, 17 kantor BRI melayani pick up services ASDP dan 62 kantor BRI melayani pick up services Garuda Indonesia.

Khusus untuk e-channel, BRI telah menyiapkan 18.667 mesin ATM dan 3.809 mesin CRM yang tersebar di seluruh Indonesia. “Kami telah menyiapkan tim khusus yang nantinya akan melakukan patroli dan pengecekan secara berkala terhadap mesin-mesin tersebut, sehingga nantinya apabila terjadi suatu kendala bisa segera diatasi secara cepat,” tuturnya. (Hafid Fuad)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)