Ikuti Arahan Jokowi, Koridor Utara Jawa Akan Jadi Pusat Industri

Selasa, 22 September 2020 - 13:55 WIB
loading...
Ikuti Arahan Jokowi, Koridor Utara Jawa Akan Jadi Pusat Industri
Presiden Joko Widodo mendorong pengembangan kawasan industri di sepanjang koridor utara Pulau Jawa. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengikuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai pengembangan Kawasan Industri di sepanjang koridor utara Jawa.

"Kita ketahui bersama bahwa wilayah pusat pertumbuhan industri di Jawa ada wilayah pusat di Banten, terdiri dari Cilegon, Tangerang, dan Serang," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

(Baca Juga: Infrastruktur Digital Jadi Bagian Vital Kawasan Industri untuk Pikat Investor)

Kemudian, di Jawa Barat bagian Barat, yaitu Bogor, Bekasi, Karawang, Purwakarta, dan Subang. "Lalu wilayah pengembangan industri di Jawa Barat bagian timur itu kawasan baru Rebana, serta tempat Pelabuhan Patimban yaitu Cirebon, Indramayu, dan Majalengka," sambungnya.

Airlangga menyebut total ada 71 kawasan industri di sepanjang koridor utara Jawa. Subang akan menjadi kawasan industri logam, pangan, dry port atau pelabuhan daratan, transportasi, dan pengolahan makanan.

"Kemudian Majalengka tempat (Bandara) Kertajati itu untuk penerbangan kargo logistik, tekstil, pangan, juga plastik sintetik," ungkapnya.

(Baca Juga: Jokowi Minta Pembangunan Pelabuhan Patimban Dipercepat)

Selanjutnya, daerah Indramayu akan dijadikan sentra pengembangan kimia hulu, pengolahan ikan, kimia dasar, hulu agro, petrokimia hulu, dan resin sintetik. Lalu Cirebon diproyeksikan menjadi tempat pengolahan ikan, furniture, perkapalan, industri pakan, dan bahan galian non-logam.

Untuk wilayah Jawa Tengah, ada Batang, Kendal, Semarang, dan Demak. Sementara di Jawa Timur ada Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Bangkalan.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0927 seconds (0.1#10.140)